KUPP Kelas II Tanjung Redeb Laksanakan Kegiatan Program Padat Karya Tahun 2021 Di Pelabuhan Tanjung Redeb

Mimbarmaritim.com – Tanjung Redeb (Berau)

Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tanjung Redeb, melaksanakan program kegiatan Padat Karya dan dibuka langsung Kepala KUUP Kelas II Tanjung Redeb Hotman Siagian, bertempat di halaman Kantor KUPP, Jumat (25/6/2021).

Program Kegiatan Padat Karya yang dilaksanakan KUPP Kelas II Tanjung Redeb  merupakan program pertama kali, dilakukan instansi vertikal di Kabupaten Berau – Kalimantan Timur

Program Padat Karya ini salah satu program prioritas nasional tahun 2021, sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo menginstruksikan untuk mendukung percepatan pengentasan kemiskinan bagi masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 dan untuk menunjang pemulihan ekonomi nasional.

Dasar pelaksanaan kegiatan Padat Karya 2021 ini Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 73 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program Padat Karya di Lingkungan Kementerian Perhubungan, Surat Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Nomor: PR.003/1/2/DJPL/2021 tanggal 11 Januari 2021 Perihal Rencana Program Padat Karya Tahun 2021 pada UPT di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Surat Sekretaris Ditjen Perhubungan Laut Nomor: UM.006/15/5/DJPL/2021 tanggal 5 Maret 2021 Perihal Rencana Pelaksanaan Program Padat Karya Tahun 2021 Gelombang I dan Gelombang II pada UPT di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Turut hadir acara pembukaan kegiatan tersebut diantaranya KP3 Tanjung Redeb, Dansubdenpom VI/1-3 Berau, Kepala Kantor Bea dan Cukai Tarakan, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan, Lurah Tanjung Redeb, Lurah Bugis, General Manager PT. Pelindo IV Tanjung Redeb, Pimpinan PT. Temas Tanjung Redeb, Pimpinan PT. SPIL Tanjung Redeb, Ketua TKBM Tanjung Redeb dan para undangan.

Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb, Hotman Siagian mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung upaya pemerintah, dalam rangka mengentaskan kemiskinan di seluruh Indonesia sesuai dengan tugas dan fungsi bidang tugasnya masing-masing. Kegiatan padat karya ini bertujuan untuk memberdayakan perekonomian masyarakat yang terdampak wabah Covid-19.

Hotman Siagian menjelaskan adapun maksud tujuan kegiatan Padat Karya tahun 2021, kita telah melaksanakan acara pembukaan kegiatan padat karya tahun 2021 yang bertujuan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat yang terdampak Covid-19. Hal ini sesuai dengan arahan amanat dari pimpinan Kementerian Perhubungan, pada hari ini, kita dalam paksanakan kegiatan padat karya, memberikan kesempatan bekerja kepada 14 orang warga yang kehilangan pekerjaan di Kabupaten Berau, Mereka melakukan kegiatan yakni perawatan perbaikan dermaga dan pengecatan Kantor KUPP Kelas II Tanjung Redeb.

Pada acara pembukaan di awali dengan Penyerahan alat kerja oleh Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb, dan diikuti oleh Dansubpom, KP3, Bea Cukai , dan yang mewakili operator, PT. Temas Berau . Peralatan kerja diserahkan kepada yang mewakili 14 orang warga pekerja yang akan melaksanakan pekerjaan Padat Karya. 

Selain itu,  kata Hotman  pihaknya bersama masyarakat dan TKBM bersama-sama membersihkan Pelabuhan Tanjung Redeb agar bersih dan dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Dan logistik dapat berjalan lancar dan dapat diterima masyarakat dengan baik.

Lebih lanjut, Hotman berharap kiranya warga  yang dilibatkan 14 orang ini dapat menerima hasil dari kegiatan yang pelaksanaannya selama kurang lebih 2 minggu. Nanti mereka akan dipekerjakan dan mereka akan digaji sesuai gaji harian setelah pekerjaan selesai,” tuturnya.

“Nanti kedepannya, Covid-19 sudah berlalu kiranya masyarakat di wilayah Kabupaten Berau dan khususnya di pelabuhan lebih sejahtera ekonominya bisa bangkit. Sehingga dapat mencukupi kebutuhan rumah tangga di keluarga masing-masing,”pungkas Hotman.

Dansubpom Berau dan  Kantor Bea dan Cuka, KSA, dan SPIL berharap kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan siap mendukung kegiatan program Padat Karya ini.

Sementara itu, Wawan Nugrahi  mewakili operator pelabuhan dari PT Temas menyampaikan pihaknya sangat mendukung adanya kegiatan program padat karya yang dilaksanakan KUPP Kelas II Tanjung Redeb, dan akan tetap mendukung bila kegiatan ini dilanjutkan.(MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s