Kolinlamil Bekali Prajurit KRI Dengan Pengetahuan Prosedur Penyidikan Di Laut

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Satya Wira Jala Dharma. Sebanyak 300 prajurit Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengikuti Pemantapan Pengetahuan Prosedur Penyidikan Di Laut 2021.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Operasi (Asops) Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (P) Nanan Isnandar di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (4/6/2021).


Kegiatan ini diselenggarakan selama satu minggu para peserta berasal dari Mako, Satlinlamil 1 Jakarta, Satlinlamil 2 Surabaya dan Satlinlamil 3 Makassar. Peserta menerima materi tentang Prosedur Penyidikan Di Laut, disampaikan oleh sejumlah praktisi dari instansi maritim. Kegiatan ini berlangsung secara tatap muka yang diikuti prajurit Mako dan Satlinlamil 1 Jakarta dan virtual bagi Satlinlamil 2 Surabaya serta Satlinlamil 3 Makassar.

Sementara itu Asops Pangkolinlamil dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini untuk memberikan wawasan pengetahuan kepada para prajurit Kolinlamil khususnya yang berdinas di kapal perang (KRI) tentang prosedur penyidikan tindak pidana dilaut.

Kolonel Laut (P) Nanan Isnandar juga mengungkapkan bahwa penanganan tindak pidana di laut mengandung pengertian bahwa laut aman digunakan dan bebas dari ancaman kekerasan, ancaman navigasi, ancaman terhadap lingkungan dan sumber daya laut serta ancaman pelanggaran hukum.

Untuk itu dalam latihan ini para peserta akan diberikan pengetahuan dan latihan keterampilan tentang pengejaran, penangkapan dan penyidikan, visit board search and seizure, penyelesaian tindak pidana tertentu di laut oleh KRI, KAL dan pangkalan serta proses hukum lanjutan dari pangkalan ke kejaksaan.

“Kepada para instruktur, saya berharap agar sedapat mungkin setiap materi yang diberikan senantiasa diselingi dengan diskusi, ciptakan suasana komunikasi dialogis,” ujar Asops Pangkolinlamil.

Di sisi lain, kata Kolonel Laut (P) Nanan Isnandar menambahkan, jika penyelenggaraan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari himbauan Panglima Kolinlamil agar para prajurit KRI dibekali dengan pengetahuan hukum dalam melaksanakan tugas operasi, meskipun KRI Kolinlamil melakukan tugas pokok sebagai angkutan laut militer.

“Namun bukan tidak mungkin saat melaksanakan tugas operasi menemukan kegiatan-kegiatan yang mengganggu atau mengancam kedaulatan dan penegakan hukum NKRI mengingat wilayah perairan kita yang kaya akan potensi sumber daya alam,” tuturnya.

Sementara AsopsPangkolinlamil kepada para peserta menekankan agar mereka mengikuti semua materi yang diberikan selama kegiatan secara seksama. Dan yang paling penting dan harus diingat selama mengikuti kursus harus mematuhi disiplin protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. (MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s