MARITIM

BI3IP Jakarta Bersama UPT Di Wilayah Kerja Kaltim Gelar Program Penyuluhan Kepada Masyarakat Nelayan

Mimbar maritim.com – Kuala Samboja

Kementerian Perhubungan Cq BPSDM Perhubungan melalui Balai Besar Pedidikan Penyegaran Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta melaksanakan program kegiatan penyuluhan pengabdian kepada masyarakat kampung nelayan di Kuala Samboja – Kecamatan Samboja – Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Kamis (3/6/2021).

Kegiatan ini, dikomandoi sebagai Koodinator Wilayah Kerja Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kalimantan Timur Distrik Navigasi Samarinda – Kalimantan Timur, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Balikpapan, KSOP Samarinda dan KUPP Kelas III Kuala Samboja.

Selain insan Perhubungan, kegiatan tersebut juga bersinergi dengan seluruh stakeholder diantaranya Muspida di Kecamatan Samboja yakni Camat Samboja, Kapolsek Samboja, Danramil 0906-06 Samboja, Lurah Kuala Samboja.

Kepala Kantor UPP Kelas III Samboja Capt Wahyu Prihanto melalui keterangan tertulisnya diterima Mimbar Maritim hari ini, Jumat (4/6/2921) mengatakan BP3IP Jakarta telah melaksanakan program kegiatan penyuluhan pengabdian kepada masyarakat nelayan di wilayah kerja UPT Kalimantan Timur.

Capt Wahyu Prihanto mengungkapkan saat melaksanakan kegiatan dari BP3IP Jakarta membagikan Life Jacket sebanyak 125 buah dar, insan Perhubungan dan Kantor UPP Kelas III Kuala Samboja membagikan Life Jacket sebanyak 175 buah.

“Selain pembagian Life Jacket pada kesempatan itu juga dilaksanakan pembagian sertifikat Diklat kepada peserta yang telah mengikuti kegiatan penyuluhan pengabdian masyarakat kampung nelayan Kuala Samboja. Pembagian Surat Ukur Kapal dan Pas Kecil GT. 7 kebawah dan penanaman pohon mangrov dipesisir pantai agar terhindar dari abrasi pesisir pantai,”ungkapnya.

H. Abu dan H. Lebo sebagai tokoh masyarakat perwakilan warga Kuala Samboja khususnya nelayan pesisir yang mengikuti kegiatan penyuluhan tersebut mengatakan sangat berterimakasih sekali dengan adanya kegiatan program penyuluhan, pembagian alat kespel dan pemberian dokumen legalitas bagi kapal – kapal kearifan lokal yang selama ini sedikit sekali.

“Kami mengharapkan dari pihak KUPP Kelas III Kuala Samboja akan menjemput bola agar proses legalitas akan berkelanjutan dan bekerja sama dengan pihak Kelurahan. Karena masyarakat pesisir sangat antusias dan menyambut baik serta berkeinginan untuk mengikuti program pemerintah,”ujarnya.

Kedua tokoh masyarakat nelayan tersebut juga berharap melalui sinergi pemerintah pusat dan daerah. Sehingga kegiatan ini terlaksana dengan harapan kedepannya agar kegiatan semacam ini dapat berkelanjutan dan lebih di tingkatkan lagi. Sehingga keterampilan, ilmu dan wawasan para peserta kegiatan penyuluhan dapat menambah pengetahuan tentang hak dan tanggung jawab sebagai masyarakat nelayan.

“Kami juga tidak lupa mengucapkan terima kasih sebesar besarnya terutama kepada Bapak Capt Wahyu Prihanto selaku Kepala UPP Kuala Samboja, Bapak Lurah dan BP3IP Jakarta dan seluruh panitia yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan ini,” pungkas kedua tokoh masyarakat tersebut.(MM-01).

Kategori:MARITIM, PELABUHAN, PELAYARAN

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s