TNI AL, AD, AU

Danpushidrosal Tutup Wasrik BPK RI Di Mako Pushidrosal

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P., menutup kegiatan Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) BPK RI di Ruang Rapat Danpushidrosal, Mako Pushidrosal, Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur – Jakarta Utara, Senin (22/3/2021).

Kegiatan Wasrik di lingkungan Pushidrosal ini merupakan bagian dari kegiatan fungsi pengendalian dalam manajemen pembinaan dan manajemen operasional, sekaligus sebagai alat control dan kendali pimpinan Pushidrosal untuk mengukur kinerja organisasi dalam melaksanakan tugas pokok, fungsi dan perannya. Maka dari itu diperlukan pemahaman yang mendalam tentang hal tersebut agar setiap penyelenggaraan wasrik mencapai hasil yang optimal.

Danpushidrosal dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada era saat ini tertib manajemen atau tata kelola yang baik sudah menjadi tuntutan dan kebutuhan standar pada setiap organisasi, untuk mengetahui apakah hal tersebut sudah dilaksanakan maka wasrik merupakan salah satu instrument yang harus dilakukan untuk mewujudkannya. Karena kegiatan wasrik sudah menjadi bagian integral dari fungsi-fungsi manajemen modern. Ungkapnya.

“Keberadaan aparat pengawas saat ini menjadi sangat strategis dalam rangka mewujudkan tertib manajemen. Dimana pengawas bertujuan untuk mendeteksi dan mencegah terjadinya penyimpangan serta penurunan kinerja organisasi sedini mungkin guna menjamin kesesuaian perencanaan program dengan dinamika pelaksanaan di lapangan,”kata Danpushidrosal.

Danpushidrosal mengatakan dengan terlaksananya wasrik berarti telah terlaksana pula koreksi atau perbaikan terhadap kesalahan, penyimpangan dan ketidaksesuain guna memberi keyakinan bahwa pelaksanaan kegiatan seusai dengan tugas dan fungsi, program kerja dan anggaran serta ketentuan atau aturan yang berlaku, sehingga output dan outcame dari kegiatan yang dilakukkan tepat mutu, tepat waktu, tepat asas dan tetap sasaran.

Selanjutnya, di akhir rangkaian acara wasrik BPK RI di Pushidrosal yang telah berlangsung dari tanggal 18 Maret sampai dengan 22 Maret 2021, Indikasi dari temuan yang ada harus bisa dijadikan sebagai cambuk bagi peningkatan kinerja Pushidrosal kedepannya. Semua rekomendasi dari tim wasrik BPK harus ditindak lanjuti secara seksama dengan koordinasi antara satuan kerja di jajaran Pushidrosal.

Diakhir sambutannya Danpushidrosal mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Tim Wasrik BPK yang telah bekerja dalam menggali dan menemukan beberapa permasalahan potensial yang nantinya dapat digunakan sebagai antisipasi dan diperbaiki dengan masukan-masukan dari hasil wasrik ini. Danpushidrosal juga mengharapkan agar segera menindaklanjuti secara sungguh-sungguh seluruh hasil pemeriksaan, arahan, saran dan rekomendasi yang disampaikan oleh tim BPK.

Hadir dalam acara ini Wadanpushidrosal Laksamana Muda TNI Budi Purwanto, S.T., M.M., Inspektur Pushidrosal Laksamana Pertama TNI Dr. Syahbudi, S.E., M.A.P., Hendra Gunawan, S.E., M.Si., Ak., CA., ACPA., selaku Wakil Penanggung jawab Wasrik dari BPK dan para pejabat utama Pushidrosal.(MM-01).

Kategori:TNI AL, AD, AU

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s