COAST GUARD

KSOP Kelas IV Marunda Berikan Pas Kecil Dan Life Jacket Gratis Kepada Nelayan Perahu Wisata Tradisional

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Kelas IV Marunda Capt.Isa Amsyari Saat Memberikan Life Jacket

Mimbar Maritim – Jakarta

Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melaluiKantor Kesyahbandaran  dan Otoritas Pelabuhan  (KSOP)  Kelas IV Marunda melaksanakan kegiatan tentang pembinaan keselamatan pelayaran dan pemberian Pas Kecil  berupa Sertifikat kepada 20 orang pemilik Kapal Tradisional (perahu wisata tradisional) dibawah 7 (Gross Tone/GT).

“Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka keselamatan pelayaran dan berawal dari pada hari Senin tanggal 14 Desember 2020 kemarin tepatnya pukul 11.30 WIB. Sesuai dengan PM Perhubungan Nomor.78 Tahun 2018, KSOP Kelas II Patimban memberikan pelimpahan atau serah terima wilayah kerja (Wilker) Muara Tawar – Bekasi kepada KSOP Kelas IV Marunda,” kata Capt Isa Amsyari kepada Mimbar Maritim diruang kerjanya,Rabu (16/12/2020).

Capt Isa menjelaskan setelah pelimpahan Wilker tersebut, pihaknya langsung meninjau lokasi dan melihat banyak kapal perahu wisata. Menurut dia, sehubungan dengan musibah (kecelakaan) perahu wisata yang terjadi pada hari Minggu, 6 Desember 2020 di daerah Kawasan Wisata Masyarakat Sungai Rindu Jembatan Cinta – Desa Pal jaya Kecamatan Tarumajaya – Bekasi. Kecelekaan perahu wisata tersebut memakan korban anak kecil satu orang, yang saat ini  proses penyidikan Pidananya masih  ditangani oleh Polair Polda Metro Jaya.

Oleh sebab itu, kata Capt Isa karena wilayah tersebut sudah menjadi Wilker KSOP Kelas IV Marunda, sesuai PM Perhubungan No.78 tahun 2018. “Maka kami mulai bekerja dan menata disana Wilker tersebut,”ujar Capt Isa.

Capt Isa mengungkapkan sejak bertugas menjadi Kepala KSOP Kelas IV Marunda pada Rabu,(16/12/2020). Dirinya telah mengeluarkan  Pas Kecil untuk sementara 20 sertifikat terhadaap perahu wisata tradisional, secara keseluruhan berjumlah 80 perahu wisata tradisional. Namun yang lainnya sedang dipersiapkan persyaratannya dan secara bertahap tetap akan dilakukan pemberian Pas Kecil.

Lebih lanjut, Capt Isa menyebutkan KSOP Kelas IV Marunda akan berusaha terus meningkatkan keselamatan pelayaran dan pada kegiatan tersebut. KSOP Kelas IV Marunda juga pada kesempatan itu membagikan 12 jaket pelampung (life jacket) kepada para pemilik perahu wisata tradisional 

“Dengan rincian 2 life jacket kepada awak perahu atau kapal ( 1 untuk nakhoda dan 1 untuk KKM) sedangkan 10 life jacket untuk penumpang. Karena perahu wisata tradisional tersebut maksimal kapasitas penumpang nya adalah 10 orang,”tuturnya.

Menurut dia, musibah perahu wisata tradisional Minggu kemarin ternyata penumpangnya memuat penumpang melibihi dari kapasitas yaitu 23 orang. ” Saya juga mengkampanyekan dan memberikan himbauan saat kegiatan pemberian Pas Kecil dan life jacket, agar kejadian kecelakaan perahu wisata tradisional yang kemarin itu untuk yang pertama dan terakhir,” ungkapnya.

Capt Isa Amsyari juga menyampaikan KSOP Kelas IV Marunda sebagai perpanjangan tangan Pemerintah hadir ditengah masyarakat, kedepan sesuai permintaan masyarakat di Wilker Desa Pal Jaya Muara Tawar – Bekasi akan dilakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan untuk nelayan perahu wisata untuk mendapatkan SKK (Sertifikat Kecakapan Kepelautan) 30 Mill.

“Kami juga pada kesempatan itu, berpesan kepada para nelayan meskipun sudah memiliki Pas Kecil, namun para nelayan hendaknya tetap memperhatikan faktor keselamatan pelayaran. Dengan membawa penumpang sesuai kapasitas angkut perahu, menggunakan jaket pelampung, dan memperhatikan kondisi cuaca,”katanya berpesan.

Kepala KSOP Kelas IV Marunda Capt Isa Amsyari M.MTr, M.Mar didampingi petugas SHSK Jurema Dongoran, S.T, M.M.dan petugas KBPP Sugandi, S.Sos, M.MTr.,  jugamenyatakan pemberian Pas Kecil tersebut akan terus berkelanjutan sampai seluruh nelayan yang memiliki perahu wisata tradisional di kawasan wisata masyarakat Desa Paljaya – Muara Tawar Bekasi akan memperoleh sertifikat berupa Pas Kecil.

Penyerahan Pas Kecil  dilakukan Kepala KSOP Kelas IV Marunda, Capt. Isa Amsyari M.MTr, M.Mar. bersama Kepala Markas Unit Pal Jaya Polair Polda Metro Jaya Iptu Heri Dianto kepada para nelayan di Desa Pal Jaya Muara Tawar Kecamatan Tarumajaya, Bekasi.

Turut berpartisipasi dalam memberikan bantuan jaket pelampung diantaranya PT Pelayaran Berluan Pulau Mandangin, PT pelayaran Tama Samudera Line, PT Pelayaran X – Pull Marine, PT Pelayaran Harapan Cipta Perkasa, PT Pelayaran  Samudera Biru.

Capt Isa Amsyari menambakan setelah launching Penerapan Pelayanan Sistem Inapornet per tanggal 30 Nopember 2020, sampai Rabu, (16 Desember 2020) KSOP Kelas IV Marunda telah mencetak secara Online sebanyak 165 SPB (Surat Persetujuan Berlayar) dan 265 SPOG (Surat Persetujuan Olah Gerak) tanpa ada kendala dan semua lancar serta pengguna jasa sangat puas. “Tentu hal ini dapat tercapai kerjasama yang baik antara pegawai KSOP Kelas IV Marunda dengan stakeholder,” pungkasnya.(Ody-01).

Kategori:COAST GUARD, MARITIM, PELABUHAN, PELAYARAN

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s