COAST GUARD

Komisi V DPR RI Kunker Ke KSOP Kelas II Bitung – Sulawesi Utara, Jelang Angkutan Nataru 2020 – 2021

Mimbar Maritim – Bitung
Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Bitung Sulawesi Utara menerima kunjungan kerja (Kunker) Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras. Kunker  Komisi V DPR RI tersebut dalam rangka meninjau kesiapan Pelabuhan Bitung Provinsi Sulawesi Utara sebagai pintu masuk pemudik Natal dan Tahun Baru 2020/2021. 

Dalam kunjungan Komisi V DPR RI hari ini, Jumat (4/12/2020) dilakukan peninjauan langsung dilapangan dengan berkeliling di area Pelabuhan Bitung, guna meninjau kesiapan sarana dan prasarana pelabuhan terutama untuk selalu menerapkan aturan protokol kesehatan. 

Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras dalam kesempatan itu menyampaikan
agar meningkatkan percepatan realisasi dan penyerapan anggaran antara lain Program Prioritas Nasional, Program Padat Karya Sektor Transportasi serta program atau kegiatan yang mendukung pemenuhan sarana dan prasarana transportasi. 

Andi Iwan Darmawan menambahkan tujuan Kunker Komisi V DPR RI adalah untuk mengetahui dan meningkatkan keselamatan dan keamanan jelang angkutan Nataru di semua simpul-simpul transportasi seperti bandara, pelabuhan, stasiun dan terminal.

Sementara itu, Kepala Kantor KSOP Kelas II Bitung Mursidi mengatakan kunjungan Komisi V DPR RI tersebut dalam rangka penyambutan angkutan laut Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru 2020-2021). KSOP Kelas II Bitung telah melakukan koordinasi dan persiapan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut. Termasuk koordinasi dengan stakeholder yang lainnya dan aparat keamanan.

“Kita memang lebih fokus kepada penanganan kegiatan dalam rangka pelaksanaan embarkasi- debarkasi masa pamdemi Covid-19, namun tetap akan melaksanakan aturan protokol kesehatan yaitu dengan mematuhi 3 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak),”kata Mursidi.


Begitu juga terhadap penumpang yang naik dan yang turun harus dipastikan agar menjaga 3 M, hal ini disampaikan dari Komisi V DPR RI. Masyarakat yang melakukan perjalanan dalam angkutan Natal dan Tahun Baru ini terhindar dari penyebaran Covid-19 yang sampai saat ini belum tuntas.

Mursidi juga menjelaskan KSOP Kelas II Bitung mulai dari Maret 2020 telah menerapkan protokol kesehatan terkait penyebaran Covid-19. Namun pelaksanaan dari semua kegiatan ini, telah dilakukan koordinasi dengan instansi terkait diantaranya Polri, TNI, KKP, Bea dan Cukai, PT Pelindo IV Cabang Bitung, Pelayaran, PT Pelni, PT ASDP dan perusahaan swasta lainnya.

Pada kesempatan itu, Mursidi juga menyampaikan laporan kesiapan dalam rangka angkutan Natal dan Tahun Baru 2020/2021. Salah satunya jumlah Armada kapal penumpang di pelabuhan Bitung sejumlah 14 Kapal. 

Mursidi menyebutkan untuk angkutan Nataru 2020 – 2021 KSOP Kelas III Bitung menyiapkan Kapal Pelni 5 armada, Kapal ASDP 5 Armada, Kapal Perintis 2 Armada dan Kapal Sawasta 2 Armada. 

” Untuk sebagian kapal, kami telah melakukan uji petik (ramp check) oleh KSOP Bitung sejumlah 3 armada (KM. Sabuk Nusantara 69, KM. Sabuk Nusantara 70, KMP. Portlink VIII) dan yang lainnya akan dilakukan uji petik diluar pelabuhan Bitung,” pungkas Mursidi. (Ody – 01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s