LOGISTIK

KSU Tanjung Priok Himbau Masyarakat Beli Tiket Angkutan Nataru 2020-2021 Lewat Online

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok Dr.Capt. Wisnu Handoko M.Sc, Kamis (3/12/2020)

Mimbar Maritim – Jakarta
Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran Utama (KSU) Pelabuhan Tanjung Priok pelayanan terhadap penumpang angkutan laut menjelang liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru 2020-2021) agak spesial dan berbeda dibandingkan dengan tahun – tahun sebelumnya.

Karena kejadiannya hampir sama pada tahun 2019 ketika pamdemi sudah mulai merebak, jadi mau gak mau konsen dari Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok, bukan hanya menyiapkan armada tetapi lebih cenderung bagaimana untuk melindungi masyarakat atau penumpang angkutan laut agar terhindar dari ancaman penyebaran Covid-19.

“Makanya kita tetap memberlakukan pembatasan jumlah penumpang angkutan laut 50% masih tetap berlaku. Karena melihat kondisi saat ini moda apapun baik itu transportasi laut, udara dan darat kejadian seperti ini semua sama,” kata Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok Dr. Capt Wisnu Handoko, M.Sc kepada Mimbar Maritim diruang kerjanya, Kamis (3/12/2020).

Capt. Wisnu menyebutkan moda angkutan laut seperti PT Pelayaran Indonesia (Persero) /PT Pelni dan pelayaran lainnya, walaupun terjadi penurunan penumpang. Namun masih dapat membawa barang dan paket – paket yang biasa di angkut.

Capt Wisnu menjelaskan dari sisi kesiapan terutama Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok dan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok. Pihaknya sudah menghadiri rapat kesiapan angkutan laut Nataru 2020-2021 yang di adakan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan sesuai arahan dari pimpinan terkait angkutan Nataru, masih terus fokus terhadap aturan protokol kesehatan di terminal penumpang. 

“Kita juga menghimbau kepada masyarakat menggunakan angkutan laut seogianya membeli tiket melalui Online dan tidak menimbulkan kerumunan. Karena di masa pandemi saat ini masyarakat pasti akan mengurangi waktu untuk bepergian. Seperti halnya angkutan PELNI belum bisa normal. Diharapkan jumlah penumpang agar tidak terlalu banyak dan akan tetap dilakukan pembatasan supaya terhindar dari penyebaran Covid-19,”ujarnya.

Menurut dia, untuk standard kelaiklautan kapal, tetap menjadi perhatian dan konsen karena sejak dua minggu lalu secara random marine inspektur dari KSU Pelabuhan Tanjung Priok telah melakukan pengecekan di kapal yakni memastikan peralatan – peralatan keselamatan, sekoci, life jacket, peralatan navigasi dan permesinan sudah lebih detail dilakukan pengecekannya.

Capt Wisnu mengatakan KSU Tanjung Priok telah membuat posko meskipun tidak terlalu banyak, karena utilisasi penumpang yang akan masuk terminal tidak terlalu banyak penumpangnya dari Tanjung Priok. Namun pada prinsip petugas di lapangan tetap siap siaga untuk melayani masyarakat.

Terkait persiapan menghadapi angkutan Nataru 2020-2021, Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok juga telah melibatkan beberapa unsur instansi terkait dan stakeholder seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Kepolisian dan TNI, karena saat ini masih tetap siaga melaksanakan aturan protokol kesehatan Covid-19.

“Untuk angkutan laut Nataru 2020-2021 kami sudah mengkoordinasikan dengan pihak KKP, jika diperlukan terhadap seluruh penumpang akan disediakan rapid test. KSU Tanjung Priok sangat mendukung kesiapan dari KKP untuk melakukan rapit test terhadap penumpang dan akan memberikan himbauan kepada masyarakat maupun perusahaan pelayaran. Minggu ini akan diadakan rapat dengan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok terkait dengan angkutan Nataru 2020 – 2021,”tutup Capt. Wisnu.(Ody-01).

Kategori:LOGISTIK, MARITIM, PELABUHAN, PELAYARAN

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s