COAST GUARD

KSOP Kelas IV Marunda Dan KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu Mengadakan Sosialisasi Inaportnet

Kepala KSOP Marunda Iwan Sumantri dan Kepala KSOP Kepulauan Seribu Hanif Kartika Yudha Saat Pembukaan Sosialisasi Inaportnet Rabu (4/11/2020)

Mimbar Maritim – Jakarta

Dalam rangka meningkatkan pelayanan yang efisien dan efektif terhadap para pengguna jasa kepelabuhanan. Kementerian Perhubungan Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSO) Kelas IV Marunda berkerjasama dengan KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu, melakukan sosialisasi Inaportnet terhadap para pengguna jasa kepelabuhanan. Sosialisasi Inaportnet dilaksanakan pada tanggal 4 – 5 Nopember 2020 bertempat di Kantor Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) Tanjung Priok – Jakarta Utara.

Kepala KSOP Kelas IV Marunda Iwan Sumantri saat berbincang – bincang dengan Mimbar Maritim diruang kerjanya, Kamis (5/11/2020) mengatakan sebenarnya Inaportnet tersebut sudah lama berjalan, namun KSOP Kelas IV Marunda masuk dalam program Inaportnet baru awal tahun 2020. Jadi proses Inaportnet sudah berlangsung sejak awal tahun 2020.

“Kita selama ini telah melakukan pelatihan – pelatihan Inaportnet untuk sinkronisasi data. Maka mulai tanggal 4 – 5 Nopember 2020 ini, baru kita melakukan sosialisasi kepada pengguna jasa. Pelaksanaan sosialisasi ini, dibagi dua sesi dimana pada sesi pertama khusus untuk para pengelola Terminal dan BUP yang berkaitan dengan harmonisasi sistem yang dimiliki perusahaan dengan sistem Inaportnet KSOP Kelas IV Marunda, supaya masing-masing sistem tersebut dapat terintegrasi,” jelas Iwan.

Sedangkan pada hari kedua kata Iwan pihaknya melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada para pengguna jasa. Karena dalam sosialisasi tersebut para peserta diwajibkan untuk membawa komputer atau laptop, agar peserta langsung bisa uji coba terkait sistem Inaportnet tersebut.

“Karena keterbatasan ruangan sosialisasi Inaportnet tersebut, kita meminjam ruangan di Kantor BKKP Tanjung Priok dan teman – teman BKKP support. Dengan memberikan ruangan dengan segala fasilitas yang ada disana untuk pelaksanaan sosialisasi Inaportnet tersebut,” ungkap Iwan.

Menurut dia, khusus di Jakarta ada 4 KSOP yang masuk program sosialisasi Inaportnet yakni KSOP Kelas IV Marunda, KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu, KSOP Kelas III Sunda Kelapa dan KSOP Kelas IV Muara Angke.

Lebih jauh, Iwan Sumantri menjelaskan pelaksanakan sosialisasi Inaportnet ini digabung menjadi satu, karena stakeholder Marunda dan Kepulauan Seribu kebetulan ada beberapa perusahaan yang beroperasi di Kepulauan Seribu dan beroperasi juga di Pelabuhan Marunda.

“Intinya kita berharap dengan adanya sosialisasi Inaportnet ini, loyalitas pelayanan lebih efektif dan efisien juga dapat memangkas waktu, jarak. Sehingga para pengguna jasa dapat berkerja dari kantor atau dari rumah untuk mengirim dokumen dengan sistem yang sudah terintegrasi. Apalagi kondisi sekarang masa pamdemi Covid-19,” kata Iwan.

Iwan menambahkan para peserta sosialisasi Inaportnet tersebut sangat antusias mengikuti pelatihan Inaportnet. Seluruh peserta sosialisasi sekitar 60 perusahaan diantaranya 35 perusahaan pelayaran dan perubahan bongkar muat (PBM) dan selebihnya Badan Usaha Pelabuhan (BUP).  

“Mudah mudahan akhir tahun 2020 KSOP Kelas IV Marunda dan KSOP Kepulauan Seribu pelaksanaan program penerapan Inaportnet dapat segera di Launching,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Kepulauan Seribu Hanif Kartika Yudha pada kesempatan yang berbeda kepada Mimbar Maritim menjelaskan Inaportnet tersebut sebenarnya sudah masuk dalam program Direktorat Jenderal Perhubungan Laut khususnya untuk tahun 2020, diwajibkan 20 Unit Pelaksana Teknis (UPT) harus menerapkan Inaportnet. Dimana Inaportnet ini ada kaitannya dengan informasi layanan tunggal secara elektronik, karena ini semua berbasis internet.

Integrasi aplikasi ini pada bidang kepelabuhanan memiliki standar untuk melayani kapal dan barang. Jadi untuk instansi atau Pemangku Kepentingan diwilayah pelabuhan ini telah melaksanakan sosialisasi Inaportnet sejak hari Rabu (4/11/2020) kemarin dan hari Kamis (5/11/2020). Sosialisasi ini diikuti oleh BUP, pengguna jasa yang ada di wilayah KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu dan kerjasama dengan KSOP Kelas IV Marunda.

Didalam pelaksanaan sosialisasi Inaportnet tersebut Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut oleh Training of Trainers (TOT) menyampaikan terkait dengan kebijakan penerapan Inaportnet dan menjelaskan secara detail pengertian Inaportnet, dasar hukum Inaportnet kepada para sosialisasi Inaportnet.

“Kemudian Tim TOT kepada pegawai KSOP Kepulauan Seribu dan KSOP Marunda dan  pengguna jasa melakukan praktek secara langsung uji coba satu siklus pelayanan di mulai dari proses permohonan pelayanan kapal sampai dikeluarkannya ijin pengoperasian kapa, kemudian kapal masuk, tambat, kapal tunda hingga termasuk pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sampai dengan penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (PNBP),”tutur Hanif.

Hanif menambahkan sosialisasi penerapan Inaportnet ini diadakan dengan tujuan agar pengguna jasa bisa segera dapat menyesuaikan perubahan pelayanan dari manual menuju elektronik. Meningkatkan layanan yang maksimal sehingga tidak ada lagi permasalahan jarak dan waktu.

“Penggunaan aplikasi inaportnet diharapkan dapat mempermudah serta mempercepat pelayanan yang lebih efektif, efisien dan transparan serta tepat waktu maupun tepat guna,” tutup Hanif.(Ody-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s