MARITIM

Pushidrosal Bekali Pengetahuan Hidros Bagi Pasukan Khusus TNI AL

Kapushidrosal Saat Membuka Kegiatan Pemantapan Pengetahuan Hidros Bagi Pasukan Khusus TNI AL

Mimbar Maritim – Jakarta

Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar kegiatan Pemantapan Pengetahuan hidro-oseanografi (hidros) bagi Pasukan Khusus TNI AL di Ruang Gedung Serba Guna Pushidrosal, Jl. Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara, Senin (02/11/2020).

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Agung Prasetiawan, M.A.P mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat penting karena data dan Informasi Hidro-oseanografi yang dihasilkan melalui survei Hidros diperlukan bagi operasi pasukan khusus TNI AL, yaitu Detasemen Jalamangkara (Denjaka), Batalyon Intai Amfibi (Taifib), serta Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska).

“Dalam rangka mendukung kepentingan TNI dan umum. Kegiatan pemantapan pengetahuan hidros bagi pasukan khusus TA 2020 di wilayah barat ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas prajurit TNI Angkatan Laut, khususnya yang berdinas dan bertugas di pasukan khusus TNI AL”. katanya.

Kegiatan itu, menurut dia bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang survei dan pemetaan Hidrografi dan Oseanografi (surta hidros) guna mendukung Pasukan Khusus TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan tugas pokoknya.

Lebih lanjut, Kapushidrosal menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 2 sampai dengan 7 Nopember 2020 dilaksanakan di dua lokasi, yaitu untuk proses pelajaran teori dilaksanakan di Pusdikhidros, dan untuk proses pembelajaran praktek dilaksanakan di Posal Tanjung Pasir kabupaten Tangerang.

Kegiatan ini melibatkan 30 orang peserta antara lain dari Taifib 10 orang, Denjaka 10 orang, Kopaska 10 orang serta 10 orang instruktur dari Pusdik Hidros dan Pushidrosal.

Sebelum melaksanakan pembukaan upacara kegiatan pemantapan, seluruh peserta dan instruktur melaksanakan Rapid Test oleh Satkes Pushidrosal guna mencegah penyebaran wabah Covid-19 serta mengikuti dan patuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

Beberapa sasaran yang ingin di capai dalam kegiatan ini di antaranya agar pasukan khusus TNI AL mampu melaksanakan pengumpulan data hidros dengan menggunakan peralatan terbatas dengan baik dan benar, mampu melaksanakan manajemen data hidros secara terbatas dengan baik dan benar, mampu menginterprestasi data sekunder (spasial dan non spasial) dengan baik dan benar dan mampu membuat lembar lukis lapangan dengan baik dan benar.

Kapushidrosal juga berpesan agar selalu memperhatikan dan melaksanakan segala instruksi yang diberikan oleh para instruktur/pembantu instruktur dan memahami secara benar segala prosedur yang diajarkan sehingga dapat mempraktekkan secara benar dalam penugasan.(Ody-01).

Pembukaan kegiatan ini dihadiri antara lain oleh Danyon Taifib 1 Letkol Mar Mohammad Abdillah M.Tr.Opsla, Dandenjaka Kolonel Mar Nanang Saifullah S.E., M.M., Dansatpaska Kolonel Laut (T) Yosua Dominggus Aipasa, Danpusdikhidros Kolonel Laut (P) B. Dwiadji Gultom, S.T. serta beberapa pejabat teras Pushidrosal.(Ody-01).

Kategori:MARITIM, TNI AL, AD, AU

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s