BEA CUKAI

KSOP Kelas IV Muara Angke Gelar Rapid Diagnostic Test (RTD) 40 Orang Pegawai, Hadapi Libur Panjang

Kepala KSOP Kelas IV Muara Angke Anggiat Douglas Silitonga, S.SiT, M.MTr Saat Rapid Diagnostic Test

Mimbar Maritim – Jakarta

Menghadapi libur panjang akhir Oktober 2020 ini nanti bukan tanpa alasan. Secara nasional Indonesia sempat mengalami lonjakan kasus Covid-19 akibat dua libur panjang yang sebelumnya terjadi, yakni Libur Idul Fitri pada Mei 2020 dan Libur Tahun Baru Islam Agustus 2020.

Direktorat Perhubungan Jenderal Laut melalui KSOP Kelas IV Muara Angke – Jakarta Utara bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Tanjung Priok diwilayah kerja Muara Angke dan Pantai Mutiara. Menggelar Rapid Diagnostic Test (RDT) terhadap seluruh pegawai Kantor KSOP Kelas IV Muara Angke – Jakarta, dalam upaya penanggulangan penularan Covud – 19.

Kepala KSOP Kelas IV Muara Angke Anggiat Douglas Silitonga, S.SiT, M.MTr saat berbincang – bincang dengan Mimbar Maritim di Jakarta, Ju’mat (23/10/2020) mengatakan libur panjang terbukti berdampak pada kenaikan kasus positif Covid -19. Hal ini dipicu karena terjadi kerumunan di berbagai lokasi yang dikunjungi masyarakat selama masa liburan serta ketidakpatuhan masyarakat terhadap aturan protokol kesehatan.

Anggiat mengungkapkan bahwa kegiatan Rapid Test ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi kesehatan pegawai KSOP Kelas IV Muara Angke. Dalam menghadapi libur panjang akhir Oktober nanti, guna menunjang kegiatan pengawasan dan pengamanan wisatawan ke Kepulauan Seribu, sekaligus merupakan bagian dari upaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

“Kegiatan ini, ke-3 (tiga) kalinya dilakukan Kantor KSOP Kelas IV Muara Angke, penyelenggaraan nya dilakukan setiap bulan. Selama tiga bulan terakhir ini, untuk memastikan kondisi kesehatan seluruh pegawai Kantor KSOP Kelas IV Muara Angke,”ungkap Anggiat.

Menurut dia, bahwa kegiatan tersebut juga merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor SE.28 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru yang produktif dan aman dari Covid-19.

Sebanyak 40 orang pegawai Kantor KSOP Kelas IV Muara Angke mengikuti Rapid Test yang digelar di ruang rapat Kantor KSOP Kelas IV Muara Angke Jakarta, pada hari Ju’mat (23/10/20), dengan tetap mematuhi aturan protokol pencegahan Covid-19.

“Rapid Test ini akan dilakukan kembali pasca libur panjang akhir Oktober 2020 nanti dan akan terus kami lakukan setiap bulannya. Kedepannya juga kami rencanakan akan menggelar Swab Test bagi seluruh pegawai Kantor KSOP Kelas IV Muara Angke. Sehingga dapat membantu upaya pemerintah dalam penanggulangan penularan Covid-19,” pungkas Anggiat mengakhiri perbincangan dengan Mimbar Maritim.(Ody – 01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s