MARITIM

KRI Singgah Di Kupang, Awak KRI Teluk Lampung 540Steril Dengan Rapid Test

Mimbar Maritim – Jakarta

Kapal singgah di Dermaga Lantamal VII Kupang, beberapa saat yang lalu, sejumlah prajurit KRI Teluk Lampung 540 melakukan pengecekan Suhu Tubuh hingga rapid test usai menjelajahi perairan wilayah timur untuk mendukung pasukan marinir dan TNI AD yang rotasi penugasan satgas pengamanan pulau terluar.

Komandan KRI Teluk Lampung 540 Letkol Laut (P) Edi Herdiana beserta para prajuritnya langsung di sambut dengan Tim Medis Dinas Kesehatan Lantamal VII Kupang untuk melakukan pengecekan Suhu Tubuh hingga rapid test.

Hasil Rapid Test yang di tunjukkan oleh Tim Medis Diskes Lantamal VII Kupang menyatakan bahwa hasil dari rapid test terhadap Komandan KRI Teluk Lampung 540 beserta jajarannya dinyatakan semuanya Non Reaktif.

Komandan Teluk Lampung 540 mengatakan bahaya penularan Covid -19 dilingkungan prajurit KRI sangat rawan mengingat lingkungan KRI yang kecil dengan intensitas interaksi yang tinggi diantara sesama awak KRI dan ditambah prajurit satuan lain yang on board tentu harus diwaspadai dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Situasi dikapal perang yang terbatas, tentu memiliki kerawanan ditengah pandemi covid 19. Oleh karena itu setiap usai mendukung satgas yang on board, kami langsung melaksanakan pendeteksian dengan rapid test setelah sebelumnya melalui prosedur protokol kesehatan. Hal ini menjadi yang utama dalam pemutusan mata rantai virus covid 19,” tutur Letkol Laut (P) Edi Herdiana.

Sementara itu, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) dari Markas Komando di Jakarta melalui keterangan pers kepada awak media hari ini, Senin ( 19/10/2020) terus mengingatkan jajaran unsur-unsur KRI Kolinlamil untuk mengutamakan protokol kesehatan dalam setiap melaksanakan operasi angkutan laut militer.

“Utamakan kesehatan dan keselamatan dalam setiap melaksanakan tugas. Komandan KRI harus tanggap dan peduli dalam setiap kesempatan lakukan 3M (mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak) dimana pun,” tandas orang nomor satu di Kolinlamil ini.

Selain itu, Pangkolinlamil menegaskan pula menjalankan pola hidup sehat, serta selalu meningkatkan dan menjaga imunitas tubuh adalah salah satu bentuk mencegah penularan virus Covid -19.

Kedatangan KRI Teluk Lampung 540 di Dermaga Lantamal VII Kupang ini, dalam rangka Operasi angkutan laut militer mendukung satgas pengamanan pulau terluar wilayah Timur Indonesia. 

Usai para prajurit melaksanakan rapid test, tim kesehatan Lantamal VII Kupang pun selanjutnya menyasar KRI Teluk Lampung 540 dengan penyemprotan desinsfektan. Seluruh ruangan-ruangan di kapal, maupun badan kapal tak luput dari semprotan disinfektan.(Ody – Dispen)

Kategori:MARITIM, PELABUHAN, TNI AL, AD, AU

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s