LOGISTIK

Pelabuhan Patimban Pintu Gerbang Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat

Ekspor Otomotif

Mimbar Maritim – Jakarta

Pelabuhan Patimban akan menjadi pintu gerbang lahirnya kawasan metropolitan baru ungkap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, Selasa 22/9/2020. 

Selanjutnya Ridwan Kamil mengatakan bahwa salah satu investor yang tertarik melakukan pengembangan wilayah Patimban berasal dari Jepang. Selain itu juga ada investor dari China yang tertarik mengembangkan kawasan terpadu di daerah bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. 

Kemudian investor dari Taiwan akan mengembangkan kota industri baru di daerah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Dan satu lagi investor dari Timur Tengah yang tertarik dengan lahan RNI [PT Rajawali Nusantara Indonesia] yang akan didesain sebagai kota baru berbasis industri halal. 

“Dalam hitungan kami kalau lancar akan ada 5 juta lapangan pekerjaan selama 15 tahun dan pergerakan ini akan menumbuhkan tambahan 2 persen sampai 4 persen pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat yang ujungnya akan menambah pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Gubernur Jawa Barat.

Ditempat yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Pelabuhan Patimban menelan investasi sebesar Rp.43,2 triliun. Kebutuhan lahan sebesar 369 hektar dengan backup area 345,2 hektar.

Design Kawasan Kota Metropolitan Baru

“Progresnya untuk dermaga dan reklamasi 81,98 persen selesai untuk breakwater dan sea wall 55,62 persen selesai. Kemudian untuk paket akses bridge itu 11,95 persen, sedangkan akses road sudah 98,27 persen, kemudian yang terkait dengan backup area 79 persen,”ujar Airlangga Hartarto.

Menurut dia, Pelabuhan Patimban akan menjadi senjata pemerintah untuk menyerap pertumbuhan volume ekspor otomotif. Pada tahun 2025, ekspor roda empat atau lebih diperkirakan mencapai 700.000 unit hingga 800.000 unit atau naik sekitar 4 kali lipat dari tahun lalu.

Tahun 2025 produksi kendaraan roda empat atau lebih diperkirakan mencapai 2 juta unit. Sekitar 30 persen hingga 40 persen di antaranya akan mengisi pasar ekspor. “Kalau 40 persen dari 2 juta itu kan bisa mencapai sekitar 700-800 ribu sedangkan ekspor pada hari ini melalui pelabuhan tanjung priok sekitar 200.000 kendaraan,”katanya.

Dia melanjutkan bahwa saat ini satu pabrikan Korea Selatan tengah menambah kapasitas produksi sebanyak 50 persen untuk ekspor. Dengan demikian peta jalan ekspor mobil Indonesia diperkirakan sesuai rencana.

Lebih lanjut, Airlangga menjelaskan bahwa Pelabuhan Patimban bukan hanya memiliki potensi meningkatkan ekspor industri otomotif saja. Banyak industri lain di kawasan Segitiga Rebana dapat memanfaatkan Patimban. “Banyak industri lain sehingga tentunya ada pelabuhan kontainer yang akan selesai di tahap berikutnya akan membantu ekspor kita,” pungkas Airlangga.

Sedangkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa realisasi nilai investasi tahap pertama sejauh ini sebesar Rp.14 triliun. Dana tersebut berasal dari APBN dan pinjaman dari Japan International Cooperation Agency (JICA).

Kemudian akan diikuti tahap berikutnya pada 2021-2023 dengan nilai investasi Rp.9,5,- triliun. Selanjutnya tahap 3 dan 4 Pelabuhan Patimban akan menjadi kawasan kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU), sehingga pembangunan tidak lagi menggunakan APBN.

“Sesuai dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo dan memang sudah kita persiapkan dengan baik, kita akan operasikan ini Insya Allah di kuartal 4 ini, November atau desember,” kata Budi Karya Sumadi.(EditorOdy).


Penulis : Harijanto Direktur Eksekutif Himpunan Masyarakat Peduli Maritim

Kategori:LOGISTIK, MARITIM, PELABUHAN, PELAYARAN

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s