COAST GUARD

Akibat Hujan Deras, Terjadi Trubukan Kapal Di Perairan Sampit – Kalimantan Tengah

Mimbar Maritim – Sampit
Telah terjadi kecelakaan laut (tubrukan) di alur pelayaran Sampit – Kalimantan Tengah persisnya di depan TUKS PT. INDO BALAMBIT, kurang lebih  1 (satu) mile dari Pelindo III Bagendang pada hari Rabu, kejadian diperkirakan pukul 20.15 WIB (9/10/2020)

KM.Surya Pertiwi  GT. 1463, IMO . 8844385Call Sign PMFR, Crew 15 orang Muatan Nihil denganTujuan Biringkasi. Kapal ini trubukan dengan TB. Aik Gadis IGT. 21 Crew 4 orang menarik TK. Gs 5 GT.646 dengan muatan Kayu Log 698 batang ( 4.017,14 M3) dan Veneer : 510 Bdl (1.004,5221 M3) dengan tujuan Sampit Bay STS KM. Amarilis Indah.

Akibat tubrukan tersebut TB. Aik Gadis I tenggelam dan 1 orang crewnya atau Nakhoda atas nama Sjaiful Bachri hingga saat ini belum ditemukan. Namun hingga saat ini KSOP Kelas III Sampit dan instansi terkait lain masih melakukan upaya pencarian.

Sementara Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Sampit Capt.Thomas Chandra S.E., M.Si ketika dikonfirmasi Mimbar Maritim melalui telepon selulernya hari ini, Kamis (10/9/2020) mengakui adanya kecelakaan atau tubrukan kapal di alur perairan Sampit benar terjadi pada hari Rabu (9//2020) pukul 20.15 WIB.

Capt.Thomas menjelaskan kronologis sementara diduga penyebabnya trubukan tersebut adalah hujan deras dan kabut sehingga pandangan terbatas. Dimana pada pukul 20.15 WIB KM.Surya Pertiwi  menubruk Tongkang dari TB.Aigais dari sisi belakang Tongkang dan tongkang terbawa kapal. Nakhoda spontan memberikan instruksi kepada engineer jaga untuk mengurangi kecepatan kapal dengan mesim mundur.

Selanjutnya, TB.Aigadis berusaha kekanan, karena masih ada pergerakan maju dari kapal KM.Surya Pertiwi sehingga TB.Augdis terseret oleh tongkangnya yang tertubruk  Kapal KM. Surya Pertiwi. TB.Aigadis tenggelam dan KM.Surya Pertiwi masih menggunakan mesin mundur. Pandu dan Nakhosa dibantu TB.Sarpatin evakuasi crew kapal dengan dibantu oleh masyarakat sekitar.

“Atas kejadian trubukan kapal ini, kami telah melaporkan ke pak Dirjen. Mulai dari kejadian kemarin malam hingga saat ini, kami tetap melalukan pencarian terhadap crew kapal yang hilang,” katanya.

Capt.Thomas menyebutkan pihaknya telah mengerahkan KN 342 KSOP Kelas III Sampit dan Sea Rider KN Damaru Direktorat KPLP , Direktorat Polairud, Pos AL Sampit, SARNAS Sampit melaksanakan aksi SAR di tempat kejadian dari semalam sampai saat ini.

Capt.Thomas menambahkan dengan adanya laka tersebut bahwa kapal cargo dan tongkang yang berlayar dari sisi kiri alur pelayaran sungai Bagendang tidak mengalami gangguan. Mulai dari kejadian trubukan kapal hingga saat ini, kapal yang berlayar  di alur perairan Sampit bolak balik tidak terganggu.

“Besok juga kami bersama Tim SAR akan melakukan operasi, untuk mencari ABK yang belum ditemukan tersebut,”tutupnya.(Ody-01)

Kategori:COAST GUARD, MARITIM, PELABUHAN, PELAYARAN

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s