MARITIM

Ketua PG Jalasenastri Kolinlamil Kunjungi Ketahanan Pangan Rembuyung Cabang 3 Satlinlamil Surabaya

Mimbar Maritim – Jakarta

Satya Wira Jala Dharma. Pengurus Cabang 3 Jalasenastri Satlinlamil Surabaya Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) memanen berbagai tanaman holtikultura di lahan Mako Satlinlamil Surabaya, baru-baru ini. Panen tanaman sayur-sayuran yang dipimpin langsung Ketua PG Jalasenastri Kolinlamil Ny. Nisa Abdul Rasyid ini didampingi Ketua Cabang 3 Ny. Hery Prihartanto dan pengurusnya.

Adapun tanaman holtikultura yang dipanen tersebut antara lain kacang panjang dan terong, Selain itu, Ketua PG Jalsenanstri Kolinlamil dan pengurus Cabang 3 juga melakukan penanaman bibit kangkung dan kecambah. Tanaman  tanaman yang dipanen tersebut yang telah ditanam tiga bulan yang lalu sebagai program pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan.

Program ketahanan pangan nasional ini dicanangkan pemerintah karena adanya Pandemi Covid-19 di Indonesia sejak bulan Maret lalu. Pandemi ini berdampak kepada seluruh sendi kehidupan, termasuk dalam proses produksi pangan nasional. Dengan program ini, maka diharapkan krisis pangan yang dikhawatirkan dapat dihindari.

Tanaman sayur-sayuran ini ditanam diatas lahan seluas 300 meter persegi. Sebelumnya, lahan tersebut telah dibersihkan dari rumput dan diberikan pupuk organik agar tanaman dapat tumbuh subur dan cepat menghasilkan.

Selain menanam tanaman holtikultura berupa sayuran dalam menjaga ketahanan pangan, juga tanaman bbit buah melon. Jalasenastri Cabang  3 Kolinlamil juga menebar berbagai ikan dikolam diantaranya Udang Vaname dan ikan lele.  Untuk jenis ikan lele pengurus Cabang 3 juga mengembangkan dalam bak plastik yang sekitarnya ditanami dengan tanaman kangkung.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Abdul Rasyid, S.E., M.M. mengimbau jajaran Kolinamil untuk memanfaatkan lahan-lahan kosong dilingkungan Kolinlamil dengan menanam tanaman yang dapat meningkatkan ketahanan pangan. Untuk menghadapi situasi yang ada saat ini.

Harapannya kegiatan penanaman ini dapat berkesinambungan dan dapat memberikan manfaat lebih bagi anggota Jalasenastri Kolinlamil, apalagi dalam menghadapi situasi sulit seperti sekarang karena dampak dari pandemi Covid-19.

Disampaikan juga bahwa dalam kegiatan tersebut tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan yakni wajib menggunakan masker, sarung tangan dan selalu cuci tangan sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan serta tetap menjaga physical distancing.(Ody – Dispen Kolinlamil)

Kategori:MARITIM, TNI AL, AD, AU

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s