LOGISTIK

KSU Tanjung Priok Sedang Berbenah Diri Menuju Pelayanan Digitalisasi Mewujudkan Era Industri 4.0.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok Capt.Hermanta

Mimbar Maritim – Tanjung Priok

Kemenhub Cq Direktorat Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbadaran Utama (KSU) Tanjung Priok, terus berupaya melakukan berbagai inovasi pelayanan. Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan terhadap pengguna jasa.

Sebagai bentuk  tindak lanjut dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok telah melaksanakan berbagai macam inovasi kualitas pelayanan publik.

Diantaranya pelayanan dialogis yang dapat memudahkan pengguna jasa dalam memahami alur dan poduk pelayanan yang akan diterima setiap hari di KSU Tanjung Priok.

Hasil dari inovasi kualitas  pelayanan yang dilakukan KSU Tanjung Priok tersebut  disosialisasikan terhadap pengguna jasa dan stakeholder pelabuhan Tanjung Priok. Dengan menggelar acara Fokus Group Discussion (FGD) di Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok Selasa (23/6/2020).

FGD yang diselenggarakan KSU Tanjung Priok kali ini, dalam rangka sosialisasi  pelayanan One Stop Mobile Maritime Service (OSMMS) dan Dukungan Survey Pelayanan. Dengan menghadirkan 100 undangan pengguna jasa dan stakeholder di pelabuhan Tanjung Priok. 

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok Capt.Hermanta pada kesempatan itu mengatakan sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dirjen Pehubungan Laut. Pihaknya sedang berbenah diri menuju pelayanan digitalisasi untuk mewujudkan Era Industri 4.0. 

Menurut dia, bahwa pada saat ini beberapa pelayanan, telah dilakukan secara online seperti pelayanan masa layar yang telah dikembangkan dari manual menjadi online. Diharapkan seluruh pelayanan Kantor Kesyahbandaran Utama Priok dapat dilakukan secara online. Sebagai bukti pemberian pelayanan yang terbaik kepada masyarakat pada umumnya dan khususnya masyarakat Maritim.

Ia mengungkapkan pihaknya telah melaksanakan program Sistem Ambil Antar Pelayanan (SIAP) dengan menerapkan teknologi informasi sebagai media pengantaran maupun pengambilan dokumen pelaut, dan pemberian pelatihan kepada para petugas pelayanan agar senantiasa menerapkan budaya 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun).

Capt Hermanta juga menjelaskan dalam rangka meningkatkan pelayanan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok sebelumnya telah membuat satu program yaitu Sistem Pelayanan Terpadu Insan Maritim Yang Efisien dan Handal, disingkat dengan layanan “SI PATIMEH”.

Program ini katanya dengan menghadirkan para petugas pelayanan (jemput bola) kepada masyarakat dengan menggunakan sarana gerai pelayanan dan mobil pelayanan.

Progres penerapan program SI PATIMEH pada 4 dermaga yang dikunjungi di wilayah Jakarta Utara yaitu Dermaga Kali Kresek sebanyak 76 kapal tersertifikasi, Dermaga TPI Cilincing sebanyak 448 kapal tersertfikasi, 53 Kapal tersertifikasi di Dermaga Arsa, dan 43 kapal tersertifikasi di Dermaga Mariana.

“Selain SI PATIMEH Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok juga membuat inovasi pelayanan “SI PELAUT” dengan konsep yang sejalan dengan “SI PATIMEH”. Dimana program SI PELAUT diharapkan akan memberikan kemudahan kepada para Pelaut. Diantaranya dalam hal pengurusan Buku Pelaut, seperti Perpanjangan Buku Pelaut, Pembuatan Buku Pelaut Baru, dan Penggantian Buku Pelaut,” terang Capt.Hermanta. 

Dikatankannya, mengingat Kantor Kesyahbandaran tidak seperti kantor pelayanan lainnya ada cabangnya dimana – mana atau ditengah kota. Sementara Kantor Kesyahbandaran pasti hanya berada di pesisir pantai. “Maka dari itu, para pengguna jasa pelabuhan dapat dilayani KSU Tanjung Priok, pada mobil pelayanan. Sesuai dengan waktu dan tempat yang terjadwal secara mobile,”imbuh Capt.Hermanta.

Dia menambahkan One Stop Mobile Maritime Service (OSMMS) digagas KSU Tanjung Priok, tentu dengan memperhatikan beberapa faktor pendorong yaitu efisiensi biaya, efektifitas waktu dan jarak, dan kemampuan bahasa, baca, dan tulis.

Kegiatan FGD yang diselenggarakan di Masa New Normal di Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, dilaksanakan dalam dua session Pagi dan Siang. Dengan mematuhi aturan pemerintah sesuai protokol kesehatan yakni mencuci tangan, menjaga jarak dan selalu menggunakan masker seluruh peserta FGD.(Ody-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s