MARITIM

JAJARAN KOLINLAMIL BUDAYAKAN CUCI TANGAN LANGKAH PREVENTIF COVID 19

Mimbar Maritim – Jakarta 

Satya Wira Jala Dharma. Berbagai cara banyak dilakukan saat ini demi mencegah penyebaran virus corona atau covid-19. Setelah secara rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi menjelang siang mulai pukul 10.00 wib sampai dengan 11.00 WIB dan disiplin menggunakan masker dalam aktifitas diluar, perlu juga meningkatkan perilaku hidup sehat dari hal yang kecil hingga menjadi suatu budaya yang harus dikembangkan dalam keseharian.

Jajaran Kolinlamil usai melaksanakan olahraga pagi setelah pendinginan, kemudian secara berbaris sesuai dengan standar physical distancing dan bergantian melakukan cuci tangan di tempat yang telah disediakan disekitar lapangan Mulyono Silam, Mako Kolinlamil, Jumat (3/4/2020).

Perilaku ini secara tegas disosialisasikan memang salah satunya untuk mencegah dan menghindari penyebaran Virus Corona/Covid-19.

Hal ini merupakan salah satu perintah Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. melalui Kepala Staf Kolinlamil bahwa dalam situasi maraknya wabah covid 19, tentu berbagai cara sesuai protokol kesehatan melakukan pencegahan. 

Dibawah pimpinan langsung Komandan Satgas Covid-19 Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H., seluruh prajurit Kolinlamil tampak berbondong-bondong antri untuk mencuci tangan sebelum menikmati hidangan makanan dan minuman usai olahraga pagi.

Pembuatan dan pemasangan tempat cuci tangan untuk para prajurit tersebut dikerjakan secara mandiri oleh Prajurit Kolinlamil. Meskipun sederhana, namun keberadaan fasilitas tersebut dapat memberikan manfaat yang besar bagi prajurit Kolinlamil.

Sebelum menyentuh makanan minuman, pastikan tangan selalu bersih. Sebab, tangan merupakan bagian tubuh yang sering terkena interaksi secara langsung. Interaksi tersebut dapat berupa interaksi secara langsung terhadap orang lain ataupun benda. Sehingga kuman, bakteri, dan virus dengan mudah dapat menempel pada tangan.

Sambil menikmati makanan dan minuman, para prajurit melakukan aktifitas berjemur dilapangan Mulyono Silam sambil bersantai yang diyakini selain meningkatkan daya tahan juga cara efektif mencegah penyebaran virus corona.

Panglima Kolinlamil menyampaikan kegiatan semacam ini menjadi pola hidup sehat lingkungan Kolinlamil mengingat pendemi Virus Corona/Covid-19 saat ini telah menjadi pendemi global hampir melanda seluruh negara-negara di Dunia.

“Upaya ini akan sia-sia bila prajurit tidak menjaga kebersihan diri khusus dengan cara selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas dengan lingkungan sekitarnya”, tegasnya. (Ody – Dispen Kolinlamil)

Kategori:MARITIM, TNI AL, AD, AU

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s