KARANTINA

MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN EDHY PRABOWO SIDAK : DI TENGAH PANDEMI COVID-19, EKSPOR HASIL PERIKANAN MENINGKAT

Menteri Kelautan Dan Perikanan Edhy Prabowo Saat Sidak Di TPK Koja

Mimbar Maritim – Jakarta

Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Edhy Prabowo melakukan inpeksi mendadak (sidak) di Pelabuhan Peti Kemas (PTK) Koja, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara,Rabu(1/4/2020).

Kehadiran Menteri Edhy ke pelabuhan Tanjung Priok adalah ingin mengetahui perkembangan ekspor hasil perikanan di tengah pandemi Covid-19. Sekaligus melepas ekspor hasil perikanan ke beberapa negara. 


Edhy Prabowo hadir di PTK Koja didampingi oleh Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Rina dan Kepala Balai BKIPM Jakarta II Nandang Koswara serta jajarannya dan disambut oleh Dirut IPC/PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) yang diwakili Direktur Komersial PT Pelindo II (Persero) Rima Novianti dan General Manager TPK Koja Hudadi.

Pada kesempatan itu, Edhy Prabawo menyampaikan bahwa volume hasil perikanan yang diekspor pada hari ini, sebesar 3202,12 ton atau senilai Rp 194,6 miliar dengan menggunakan KM OOCL Guangzhou. 

Dijelaskannya, ikan tersebut adalah hasil perikanan dari 36 perusahaan Indonesia sebanyak 115 unit kontainer tersebut. Ikan ini dikirim ke 13 negara tujuan yakni Perancis, Jerman, Italy, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Mauritus, Reunion, Taiwan, Thailand, USA, Vietnam dan Lithuania.

Menurut dia, ditengah situasi merebaknya kasus Covid-19 saat ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya untuk menggeliatkan ekonomi melalui kinerja ekspor hasil perikanan. 

Diantara banyaknya pintu ekspor, kata Edhy Prabowo seperti  Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Panjang Lampung, serta Pelabuhan Belawan Medan.

 “Alhamdulillah, kita masih dapat melakukan ekspor hasil perikanan dari 1 titik pemberangkatan di Tanjung Priok ini,” ujar Edhy. 

Menteri Edhy pada kesempatan itu, menyerahkan Surat Kesehatan Ikan/ Health Certificate (HC) kepada eksportir hasil perikanan serta menyaksikan pemuatan (loading) komoditas ekspor ke atas kapal. 

“Kinerja ekspor dapat berjalan dengan sangat baik apabila semua instansi bersama Kementerian/Lembaga saling koordinasi dan bersinergi. Saya akan jamin bahwa perijinan di Sektor Kelautan dan Perikanan mudah dan kondusif,” terang Edhy.

Lebih lanjut, Menteri Edhy menjelaskan pihaknya (KKP) akan terus melakukan terobosan dan menyederhanakan prosedur ekspor, sesuai kebijakan fiskal, dengan menyederhanakan prosedur dan persyaratan ekspor. Bila persyaratan tidak diperlukan oleh negara tujuan, untuk apa kita persyaratkan. 

“Saya minta kepada jajaran saya untuk memangkas prosedur yang panjang serta mengubah proses perijinan terkait ekspor menjadi online sehingga lebih murah dan cepat,” tegas Edhy.

Usai acara dilapangan, Edhy Prabowo juga menyempatkan diri berkunjung ke Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (Balai KIPM) Jakarta II di Kawasan Jalan Enggano, Tanjung Priok – Jakarta Utara.
Untuk meninjau Pelayanan Perizinan Perkarantinaan terkait ekspor hasil perikanan. Menteri Edhy berharap agar ke depan makin banyak hasil perikanan yang diekspor ditengah situasi wabah Covid-19 ini. 

“Pesan saya untuk anda semua, tetap jaga kesehatan agar kita dapat berjuang untuk menjalankan roda perekonomian kita melalui ekspor hasil perikanan,” pungkas Edhy Prabowo.

Selain memastikan ekspor tetap berjalan, kedatangan Edhy ke pelabuhan Tanjung Priok ingin melihat langsung kendala yang dihadapi eksportir sejak virus corona mewabah. 

Menteri Edhy, terlihat antusias mengetahui jumlah produk yang dieskpor melalui Pelabuhan Tanjung Priok pada periode yang sama (Januari – 1 Mei 2020) pada tahun 2019 dan 2020 mengalami kenaikan dalam volume sebesar 40,42%. 

Adapun komoditi yang diekspor pada hari ini terdiri dari 28 jenis yaitu Udang, Cumi, Paha Kodok, Sotong, Cunang, Cakalang, Yellow fins Tuna, Kakap Merah, Kerupuk Ikan, Bawal Putih, Kepiting Kaleng, Udang Asin, Tepung Ikan, Minyak Ikan, Keong Kaleng, Tempura Udang, Loin Tuna, Ikan Kakak Tua, Ikan Layaran, Ikan Kerapu, Marlin, Kepiting Salju, Ikan Gulama, Ikan Barakuda, Ikan Cobia, Ikan Sebelah dan Tepung Udang.(Ody-01/Redaksi MM).

Kategori:KARANTINA, MARITIM, PELABUHAN, PELAYARAN

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s