MARITIM

CEGAH VIRUS COVID-19, JAJARAN SATLINLAMIL BERJEMUR MENIKMATI SINAR MATAHARI

Ket.Gambar : Mako Satlinlamil Surabaya

Mimbar Maritim – Jakarta
Satya Wira Jala Dharma. Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya Kolonel Laut (P) Hery Prihartanto memerintahkan seluruh prajurit dan PNSnya. Untuk melaksanakan berjemur diri di bawah sinar Matahari di Lapangan Mako Satlinlamil Surabaya, Jumat (27/3/2020). 

Pelaksanaan caring (manas) ini merupakan perintah Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M sebagai salah satu cara mencegah penyebaran dan penularan virus corona.

” Dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi bertujuan, untuk menjaga kesehatan dan mencegah penularan virus Covid-19,” tegas Panglima Kolinlamil.

Senada dengan perintah Panglima Kolinlamil, Menurut Kolonel Laut (P) Hery Prihartanto, berjemur di bawah sinar Matahari perlu dilakukan untuk mencegah virus Corona.

Kolonel Laut (P) Hery Prihartanto mengatakan bahwa berjemur diri itu dilakukan pada pagi hari selama 60 menit sekitar pukul 08.30- 09.30. Kegiatan itu dilakukan pada saat jam kerja usai apel pagi.

“Matahari bersinar cerah, mari kita luangkan waktu sejenak untuk berjemur menyerap sinar UVB. Untuk meningkatkan vitamin D3 di tubuh kita, karena pada jam tersebut tubuh kita paling aktif membuat D3 dari Matahari. Dengan hanya berjemur sekitar 15 – 30 menit tubuh kita dapat membuat sekitar 10.000-20.000 IU Vit D3, gratis dari Yang Maha Kuasa,” jelasnya

Dikatakannya, bila dibandingkan dengan suplemen mahal yang dijual mahal, Vitamin D3 ini perannya sangat penting untuk immunitas tubuh. Karena tubuh manusia spesifik menggunakan D3 untuk respon pertama apabila ada virus yang masuk.

“Bila tubuh kita cukup peluru D3 maka virus tidak dapat berkembang dengan cepat dan bila tidak bisa berkembang biak. Maka kita tidak jatuh sakit atau kita hanya mengalami gejala ringan saja. Karena cukup amunisi untuk melawan virus penyusup,” terangnya. 

Komandan menyampaikan hal tersebut katanya adalah sesuai pesan ahli kesehatan. 

Komandan Satlinlamil Surabaya pada kesempatan itu menghimbau kepada  seluruh prajurit dan PNS dilingkungan Satlinlamil. Untuk selalu menjaga kondisi kesehatan dan jangan panik serta selalu tetap waspada.

“Intinya, dengan kondisi seperti ini prajurit dan keluarga jangan panik. Ini semua hanya bentuk pencegahan saja,” pungkasnya.  

Kegiatan berjemur sinar matahari ini berlangsung selama perintah kini physical distancing berlaku. Untuk mencegah merebaknya wabah virus corona yang mengkhawatirkan seluruh masyarakat.(Ody – Dispen Kolinlamil)

Kategori:MARITIM, TNI AL, AD, AU

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s