MARITIM

KOLINLAMIL IKUTI LATPERNIKA TNI AL 2020

Mimbar Maritim – Jakarta
Satya Wira Jala Dharma. Sebanyak 23 orang prajurit Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengikuti Latihan Peperangan Elektronika TNI Angkatan Laut (Latpernika TNI AL) Tahun 2020, yang berlangsung di Dinas Komunikasi dan Elektronika (Diskomlek) Kolinlamil,  Senin (23/3).

Latihan Pernika yang dibuka oleh Kadiskomlekal Laksma TNI Atok Dushanto, M.Soc.Sc, dilaksanakan secara langsung dari Mabes TNI AL Cilangkap, melalui sarana Video Conference (Vicon). Hal ini selain untuk sarana komunikasi, juga sebagai pembatasan sosial dan pergerakan ditengah situasi waspada virus corona yang masih merebak.

Latihan peperangan elektronika yang merupakan program tahunan TNI AL ini tercatat diikuti sekitar 220 orang yang berasal dari Koarmada I, Koarmada II, Kolinlamil, serta Pasmar.

Latihan Pernika TNI AL 2019 merupakan latihan yang diselenggarakan oleh TNI AL dan jajarannya secara rutin guna mewujudkan kemampuan dan ketrampilan Prajurit TNI AL untuk mengawaki alat dan peralatan komunikasi dan peperangan elektronika dalam mendukung tugas operasi rutin maupun operasi secara gabungan.

Sedangkan tujuan dan sasaran dari Latihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan operasional personel pengawak dan alat peralatan Pernika TNI AL dalam penyelenggaraan operasi laut.

Sementara itu dalam amanat tertulisnya, Kadiskomlekal menyatakan perlu adanya upaya yang sungguh-sungguh dari semua pihak guna meningkatkan seluruh aspek  kemampuan  peperangan  elektronika TNI Angkatan Laut. Yang meliputi  kemampuan  electronic warfare support, electronic protection, electronic attack  maupun signal intelligent.

Hal ini, seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi militer dewasa ini, maka kemampuan peperangan  elektronika suatu negara menjadi sangat penting, dikarenakan peranannya yang sangat strategis dalam menentukan keberhasilan suatu operasi termasuk  operasi  laut.

“Untuk mencapai kondisi tersebut, selain dibutuhkan peningkatan kemampuan peralatan pernika, juga dibutuhkan personel yang memiliki tingkat pengetahuan dan ketrampilan yang baik. Oleh karena itu, dengan penyelenggaraan latihan pernika yang komprehensif, bertingkat dan berlanjut, diharapkan akan dapat menghasilkan personel-personel yang handal yang pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan peperangan elektronika TNI Angkatan Laut,” ujar Kadiskomlek Kolinlamil Kolonel Laut (E) Yesayas T.M. Silalahi, S.T., M.T., menyampaikan amanat  Kadiskomlekal.

Hal tersebut, searah dengan perintah Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. yang mengatakan bahwa peperangan elektronika merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam operasi laut dimasa kini.

“Ditengah perkembangan teknologi militer yang semakin canggih, peperangan elektronika pun menjadi semakin canggih. Prajurit yang mampu menguasai dan ahli dalam teknologilah yang akan menjadi prajurit yang handal dalam peperangan elektronika,” kata Panglima Kolinlamil.

Sebelum pelaksanaan latihan, Kadiskomlek Kolinlamil  menyampaikan arahan agar seluruh peserta latihan untuk mengikuti latihan dengan serius dan semangat. 

Selain itu, salah seorang pamen Diskomlek Kolinlamil yang bertindak sebagai Wasdal juga memberikan penyegaran atau pencerahan skenario latihan tentang pernika plan dan komunikasi daring yang akan dilakukan antar jajaran Kolinlamil selama latihan berlangsung.(Ody-Dispen Kolinlamil)

Kategori:MARITIM, TNI AL, AD, AU

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s