MARITIM

PUSHIDROSAL SELENGGARAKAN RAPAT SINKRONISASI DAN ASISTENSI DOKUMEN RKA

Kolonel Laut (KH) Drs. Dwi Santosa, M.Si, Direktur Perencanaan dan Anggaran (Dirrena) Pushidrosal

Mimbar Maritim – Jakarta

Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) dalam hal ini Direktorat Perencanaan dan Anggaran Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Direna Pushidrosal) menggelar rapat teknis sinkronisasi dan asistensi dokumen rencana kegiatan Rencana Kebutuhan Anggaran (RKA) T.A 2021 bertempat di Long Room Perwira Pushidrosal, Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara. Rabu (18/03/2020).

Kolonel Laut (KH) Drs. Dwi Santosa, M.Si, selaku Direktur Perencanaan dan Anggaran (Dirrena) Pushidrosal hadir dan membuka rapat tersebut didampingi oleh beberapa stafnya. Hadir pula 65 peserta rapat diantaranya 48 orang peserta dan 8 orang tim asistensi.

Kolonel Laut (KH) Drs. Dwi Santosa, M.Si dalam sambutannya menyampaikan rapat teknis sinkronisasi dan asisten dokumen Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) Pushidrosal Tahun Anggaran 2020 ini merupakan forum teknis kegiatan penyelarasan usulan RKA Pushidrosal TA 2021. Yang telah diajukan oleh satker-satker melalui mekanisme usulan RKA dari pembiayaan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja (Dipa Satker) daerah RM dan PNBP Surta Hidros.

Ia mengatakan rapat tersebut bertujuan agar para Satker bertanggung jawab terhadap setiap usulan kegiatan Satker masing-masing, dengan melengkapi dokumen usulan.

Lebih lanjut Direnna mengatakan kegiatan penyelarasan RKA tersebut merupakan dokumen awal penggunaan anggaran yang pada akhirnya dilaporkan dalam bentuk Laporan Keuangan (LK). Berdasarkan PMK RI Nomor 143 Tahun 2018 disebutkan pada pasal 10 bahwa dalam pelaksanaan kegiatan dan anggaran serta wajib menjamin pencapaian keluaran (Outcome) atas kegiatan yang dilaksanakan oleh satkernya. Oleh karena itu, para Kasatker sebagai KPA wajib membuat perjanjian kinerja sebagai bentuk pertanggungjawaban.

Direnna menjelaskan salah satu pedoman yang harus diperhatikan dalam penyusunan RKA Pushidrosal tersebut adalah anggaran berbasis kinerja (performance base budget). Maka satker harus memperhatikan keterkaitan antara pendanaan dengan keluaran dan hasil yang diharapkan termasuk efisiensi dalam pencapaian hasil dan keluaran.

Oleh karena itu katanya dalam penyusunan perencanaan dan anggaran perlu kesesusaian antara pembangunan kekuatan dan dukungan anggaran, sehingga menghasilkan outcome yang terukur dalam bentuk indikator kinerja utama (IKU).

Pada kesempatan Rapat Teknis Sinkronisasi dan Asistensi Dokumen Rengiat RKA Pushidrosal TA 2021 perlu dilakukan sinkronisasi skala prioritas kegiatan satker, sehingga apa yang akan dilaksanakan oleh setiap satker harus terukur, efektif dan efisien.

Dengan mengoptimalkan proses perencanaan kegiatan secara tepat dan cermat tidak hanya focus kepada hasil pencapaian akan tetapi lebih mengedepankan manfaat dari kegiatan agar dapat dinilai kinerja dari masing-masing kegiatan yang dilaksanakan.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari itu dimulai tanggal 18-19 Maret 2020 juga mengangkat tema “ Dengan dilandasi Semangat Profesionalisme, Jujur dan Loyalitas, Pushidrosal siap melaksanakan tugas Pokok TNI AL untuk mewujudkan Good Governance dan Clean Government.”

Direnna menambahkan melalui kegiatan ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk berkoordinasi dan membangun komitmen bersama dalam mewujudkan kebijakan Pimpinan yang telah digariskan dalam rangka mendukung pelaksanaan peran, tugas dan fungsi Pushidrosal secara lebih efektif dan efisien. (Ody-Humas Pushidrosal).

Kategori:MARITIM, TNI AL, AD, AU

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s