MARITIM

PUSHIDROSAL-UKHO SEPAKAT TERUS TINGKATKAN KERJA SAMA DI BIDANG HIDROGRAFI

Mimbar Maritim -Jakarta

Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) dan The United Kingdom Hydrographic Office (UKHO) sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

Hal tersebut merupakan pokok pembahasan dalam kunjungan National Hydrographer of United Kingdom Rear Admiral Peter Sparkes ke Pushidrosal di Ancol Timur Jakarta Utara, Kamis (20/02/2020).

Dalam kunjungan itu, Rear Admiral Peter Sparkes yang didampingi Mr.Steve Druce dan Mr Christopher Hunt selaku Head of Partnering and Engagement of Asia pasific, diterima langsung oleh Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos, S.H, M.H yang didampingi pejabat utama di anjungan utama Pushidrosal Jalan Pantai Kuta V/1 Ancol Timur Jakarta Utara.

Dalam Pertemuan itu, dibahas beberapa kerja sama yang selama ini sudah terjalin erat antara Pushidrosal dan UKHO di antaranya tentang peningkatan capacity building SDM hidrografi.

Selama ini, Pushidrosal secara rutin telah mengirimkan peserta kursus marine kartografi kategori B di UKHO Inggris, diharapkan kerja sama tersebut dapat berlanjut. Untuk meningkatkan profesionalisme personel Pushidrosal dan diharapkan kedepannya Pushidrosal diberikan kesempatan, untuk bisa mengirimkan perwira untuk pendidikan yang lebih tinggi

Hal lainnya,yang didiskusikan adalah tentang pendistribusian peta laut. Saat ini UKHO merupakan Partner Utama bagi Pushidrosal dalam hal pendistribusian peta terutama peta ENC, diharapkan hal ini dapat terus ditingkatkan di masa datang.

Kerja sama peta dual badge antara Pushidrosal dan Inggris yang berjumlah 57 nomer peta saat ini sudah terlaksana sejumlah 42 nomer, diharapkan 15 nomer peta lagi dapat segera diselesaikan

Kapushidrosal pada kesempatan juga menyampaikan bahwa Indonesia telah berhasil mengajukan Trafic Separation Scheme (TSS) di selat Sunda dan selat Lombok yang telah di adopsi dalam peta laut, dan akan diberlakukan secara penuh pada 1 juli 2020. Diminta untuk Admiralty dan peta ENC dari UKHO dapat menyesuaikan dengan memasukan kedua TSS tadi

Sementara itu, National Hydrographer of United Kingdom Rear Admiral Peter Sparkes mengapresiasi kemajuan Kantor Hidrografi Indonesia, serta eksistensi dan kontribusi Pushidrosal terhadap berbagai kegiatan di IHO, serta aktif dalam 3 regional hydrographic Commission yaitu EAHC, NIOHC dan SWPHC yang memiliki cakupan area yang sangat luas.

Rear Admiral Peter Sparkes menyampaikan, bahwa secara geografis wilayah Indonesia berada pada posisi yang sangat strategis, sehingga Misi untuk Menjadi World Maritime Fulcrum bukan lah suatu hal yang salah, keberadaan kantor hidrografi yang kuat dan modern sangatlah penting untuk mewujudkan hal tersebut.

UKHO mengakui bahwa Indonesia merupakan partner yang penting bagi Inggris, sehingga kedepannya kerja sama antar dua kantor hidrografi dapat terus ditingkatkan lagi. (Ody-Humas Pushidrosal).