BEA CUKAI

KANWIL BEA DAN CUKAI SUMBAGTIM MUSNASKAN BARANG MILIK NEGARA (BMN) DAN BDT HASIL TEGAHAN SELAMA TAHUN 2109

Mimbar Maritim – Palembang

Kantor Wilayah Bea dan Cukai Sumatera Bagian Timur (Sumbagtim) melalui Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Palembang, Selama tahun 2019 secara rutin melakukan kegiatan pengawasan melalui di beberapa titik di wilayah Kanwil DJBC Sumbagtim.

Kanwil Sumbagtim dan KPPBC Tipe Madya Pabean B Palembang melalui kegiatan rutin melakukan Operasi Pasar dengan tajuk “ Gempur Rokok Gempur “. Selain itu, berhasil melakukan penindakan terhadap BKC Tembakau dan Tembakau Iris, Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA), penggunaan pita cukai bekas, pita cukai palsu dan pita cukai bukan peruntukannya yang melanggar ketentuan Undang Undang Cukai No.39 tahun 2007.

Demikian di jelaskan Kepala Kanwil DJBC Sumbagtim Dwijo Muryono didampingi Kepala KPPBC Tipe Madya B Palembang Meidy Kassim dalam keterangan persnya kepada awak media di Palembang, Rabu (4/12/2019) saat pemusnahan terhadap Barang Milik Negara (BMN) dan Barang yang Dinyatakan Tidak Dikuasai (BDT) hasil tegahan selama tahun 2019.

Dwijo Muryono menjelaskan barang – barang yang dimusnahkan adalah kategori barang yang dilarang dan dibatasi (LARTAS) dan sudah mendapat persetujuan pemusnahan dari Kanwil Direktorat Jenderal Keuangan Negara (DJKN) Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

“ Adapun barang tegahan selama tahun 2019 yakni 8.487.086 batang rokok, 14.431 botol miras (MMEA), 264 botol HPTL, 97 Kg tembakau iris, 14 pcs airsoft gun, spare part dan senjata tajam. Selain itu, 136 pcs sex toys, 109 pcs alat kesehatan, 36 pcs anak panah, 12 lembar pakaian dan 3 pcs komestik,” katanya secara rinci.

Menurut dia, bahwa total seluruh barang hasil penindakan yang dilakukan Kanwil DJBC Sumbagtim dan KPPBC Tipe Madya B Palembang sebesar Rp.3,5 miliar dengan potensi negara yang ditimbulkan adalah sebesar Rp.3,6 miliar.

“ Seluruh barang tegahan dimusnahkan dengan cara membakar atau merusak untuk menghilangkan fungsi awal agar tidak dapat digunakan lagi,” katanya.

Lebih lanjut, Dwijo Muryono menjelaskan sepanjang tahun 2019 Kanwil DJBC Sumbagtim dan KPPBC dilingkungannya telah berhasil melakukan penindakan sebanyak 716 pelanggaran di bidang Kepabeanan dan Cukai. Diantaranya 278 pelanggaran impor barang kiriman Pos, 319 pelanggaran cukai HT, 27 pelanggaran impor umum, 67 pelanggaran impor barang penumpang, 14 pelangggaran cukai MMEA lokal, 7 pelanggaran cukai MMEA impor, 3 pelanggaran barang penumpang ekspor dan 1 ekspor umum.

“ Dari hasil penindakan tersebut, 12 kasus telah ditingkatkan ke proses penyidikan dengan rincian : 1 kasus ditangani PPNS Kanwil DJBC Sumbagtim, 4 kasus PPNS KPPBC TMP B Palembang dan 7 kasus oleh PPNS TMP C Jambi. Dengan total perkiraan nilai barang sebesar Rp.32 miliar dan potensi kerugian negara mencapai Rp.29 miliar,” terangnya.

Dwijo Muryono menambahkan bahwa selain Kanwil DJBC Sumbagtim dan KPPBC TMP B Palembang melakukan pemusnahan BMN, telah dilaksanakan juga pemusnahan dilingkungan Kanwil DJBC Sumbagtim. Diantaranya KPPBC TMP B Jambi telah dimusnahkan sebanyak 8,6 juta batang rokok dan barang ilegal lainnya dengan potensi kerugian negara mencapai Rp.3 miliar.

KPPBC TMP C Pangkal Pinang dimusnahkan sebanyak 1 (satu) juta batang rokok dan barang-barang ilegal dengan kerugian negara sebesar Rp. 376,4 juta. Sedangkan KPPBC TMP C Tanjung Pandan dimusnahkan sebanyak 12 ribu batang rokok dan barang ilegal lainnya dengan kerugian negara Rp.140,6 juta.

“ Pemusnahan ini merupakan upaya dan usaha yang sudah dilakukan DJBC, memberikan perlindungan kepada masyarakat serta industry dalam nigari yang mematuhi ketentuan Pemerintah. Diharapkan dengan kegiatan pengawasan yang dilakukan DJBC (Direktorat Jenderal Bea dan Cukai) dapat menciptakan daya saing yang fair antar pelaku usaha,” pungkasnya. (Ody- 01)

Kategori:BEA CUKAI, REGULASI

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s