KSOP Kelas II Pekanbaru Gelar Kegiatan Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Disiplin Pegawai

Mimbarmaritim.com (Pekanbaru)

Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Pekanbaru menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Disiplin Pegawai dilingkungan Kantor KSOP Kelas II Pekanbaru, bertempat di Labersa Hotel Kita Pekanbaru, Jumat (29/9/2023).

Mengawali Kegiatan, Kasubag Tata Usaha KSOP Kelas II Pekanbaru Yoseph Ucok Martua, S.E., M.M., selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan ada dua kegiatan diselenggarakan KSOP Kelas II Pekanbaru yakni Kegiatan Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Disiplin Pegawai  dan Pelaksanaan KSOP Kelas II Pekanbaru Awards Tahun Anggaran 2023 di Hotel Labersa Pekanbaru  tanggal 29 – 30 September 2023.

“Kegiatan Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Disiplin Pegawai dan Pelaksanaan KSOP Pekanbaru Awards Tahun Anggaran 2023. Tujuan kegiatan tersebut untuk mendapatkan informasi sejauh mana, progres kinerja pegawai dan memiliki kendala apa saja, guna mendapatkan solusi terbaik, diharapkan akan mampu membentuk sumber daya manusia ASN dan PPNPN yang disiplin dan unggul,” kata Yoseph.

Yoseph menambahkan masing – masing seksi dan sub bagian pada kesempatan ini memaparkan beberapa evaluasi kinerja KSOP Kelas II Pekanbaru tahun 2023 diantaranya laporan progress kinerja tiap-tiap seksi /sub bagian, capaian kinerja berdasarkan target kinerja, membuat inovasi dan langkah – langkah perbaikan yang perlu dilakukan dari masing -masing seksi dan sub bagian, rencana kerja yang sedang dan akan dilaksanakan sampai Tahun Anggaran 2023.

Selain itu, lanjut Yoseph mengatakan memaparkan kendala -kendala dalam pencapaian sasaran kinerja pegawai, kebutuhan dan dukungan manajemen apa saja yang diperlukan guna mendukung pencapaian sasaran kinerja dan membentuk karakter dan kedisiplinan pegawai khususnya Kantor KSOP Kelas II Pekanbaru.

“Atas pelaksanaan kegiatan evaluasi kinerja ini, kami mohon arahan dan bimbingan Bapak Kepala Kantor KSOP Kelas II Pekanbaru kepada seluruh pejabat struktural dan seluruh ASN/PPNPN yang sudah mendukung penuh mensukseskan kegiatan hari ini,” pungkas Yoseph.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Pekanbaru Capt Herbert E.P. Marpaung, dalam sambutannya sekaligus buka acara menyampaikan terimakasih kepada ketua panitia pelaksana kegiatan dan anggota panitia, ASN dan PPNPN atas kesiapannya mengikuti dan mensukseskan kegiatan Evaluasi Kinerja KOSP Kelas II Pekanbaru.

Capt Herbert mengatakan kegiatan evaluasi kinerja pegawai yang dilaksanakan hari ini diharapkan akan memberikan dampak positif pada KSOP Kelas II Pekanbaru sehingga terbentuknya kualitas yang baik, khususnya sumber daya manusia (SDM) Kantor KSOP Kelas II Pekanbaru.

“Semoga seluruh rangkaian kegiatan evaluasi kinerja kita pada hari ini dapat membawa manfaat kepada reka-rekan pegawai semua. Sehingga kinerja kita kedepannya dapat lebih optimal dalam melayani masyarakat, pengguna jasa, dan seluruh stakeholder terkait di wilayah kerja KSOP Kelas II Pekanbaru,” ujar Capt.Herbert.

Lebih lanjut, Capt Herbert mengungkapkan bahwa evaluasi kinerja KSOP Kelas II Pekanbaru ini menjadi angenda rutin menjadi salah satu kebutuhan yang sangat mendasar apa yang perlu perbaikan berjenjang dan meningkatkan kinerja pelayanan sesuai performa KSOP Kelas II Pekanbaru, dalam membuat laporan mulai dari Kepala Kantor, Kasi, Kepala Wilker/Wilker dan seluruh ASN/PPNPN dilingkungan kerja KSOP Kelas II Pekanbaru melakukan evaluasi kinerja yang berkesinambungan.

“Sehingga evaluasi kinerja ini akan terus ditertibkan dan laporannya mengacu kepada format indikator secara kinerja, sebagai Kepala Kantor KSOP Kelas II Pekanbaru bisa melihat progres dari bulan ke bulan. Karena sudah menjadi standar yang sama bentuk laporannya kinerja yang ada. Artinya evaluasi kinerja ini harus ditindaklanjuti lebih dalam mulai dari struktur dibawah dari Kasubag, Kasi, untuk terus melakukan evaluasi minimal sekali dalam satu bulan,” jelas Capt.Herbert.

Capt.Herbert menambahkan momentum evaluasi kinerja KSOP Kelas II Pekanbaru ini, diharapkan setiap pegawai harus bisa melakukan perubahan mindset (pola pikir), budaya kerja, sadar dan melek. Karena pekerjaan itu tidak sifat hanya rutinitas tetapi harus bisa melihat apa kekurangannya. 

“Tentu kita juga tetap menjaga kearipan lokal yang tujuan positif untuk menunjang dan mendukung kinerja KSOP Kelas II Pekanbaru. Harapan kedepan terkait evaluasi kinerja ini, tetap harus dilaksanakan secara rutin dan harus membuahkan hasil untuk bergerak maju dalam mencapai target yang ditentukan pimpinan,” terangnya.

Diakhir Sambutannya, penutupan Kegiatan Evaluasi Kinerja KOSP Kelas II Pekanbaru menyampaikan “Harapan saya budaya kerja harus ditingkatkan dan terus berinovasi, agar melek semua aturan yang kita kerjakan dan harus kita tingkatkan kinerja kalau bukan kita siapa lagi. Pelayanan jangan sampai orang lain yang suruh kita berubah dan kita harus bisa berbenah dari diri sendiri. Dengan harapan semoga kita dilindungi TYME dalam menjalankan tugas sehari – hari.”

Dalam kegiatan evaluasi kinerja ini dilakukan juga diskusi dan sesi tanya-jawab Kegiatan Evaluasi Kinerja KSOP Kelas II Pekanbaru pejabat Struktural, Kasubag TU, para Kepala Pos dan Kepala Wilker (Wilayah Kerja) pada kesempatan itu memberikan paparan terkait evaluasi dan laporan kinerjanya masing – masing.

Kegiatan Evaluasi Kinerja KOSP Kelas II Pekanbaru dihadiri pejabat struktural dan ASN/PPNPN diantaranya Kasubag TU Yoseph Ucok Martua, S.E., M.M, Kasi KBPP Muhammad Dani, Kasi SKSH Capt.Sunaryanto, Kasi Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Lala) Rolando Hutabarat,Kepala Wilker, Kepala Pos dan staf Kantor KSOP Kelas II Pekanbaru.(MM-01).

Tinggalkan komentar