Sambut HUT Ke-35, Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok Gelar Kegiatan Senam Bersama dan Lomba Menembak

Mimbarmaritim.com (Jakarta)

Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) melalui Kantor Pangkalan PLP seluruh Indonesia, akan melaksanakan acara puncaknya HUT Ke-35 Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai yang dilaksanakan  di Pelabuhan Tanjung Perak – Surabaya, tanggal 27 Pebruari 2023.

Sambut HUT ke-35 tersebut Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya melakukan bakti sosial di panti asuhan dilingkungan pelabuhan Tanjung Priok, senam pagi bersama seluruh personil PLP Tanjung Priok dan para tamu undangan dilanjutkan dengan acara lomba menembak yang di gelar di Kantor Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok – Jakarta Utara, Jumat (17/2/2023).

Direktur KPLP Rivolindo S.H., M.H pada kesempatan itu mengatakan, pelaksanaan kegiatan di Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT ke-35 Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP), yang nantinya akan diperingati hari puncaknya di Tanjung Perak – Surabaya.

Rivolindo mengungkapkan Pangkalan PLP didirikan sudah 35 tahun, tujuannya didirikan adalah untuk mengawal keselamatan dan keamanan pelayaran. Dimana 2/3 area Republik Indonesia merupakan wilayah laut. Sehingga keberadaan KPLP memang sangat dibutuhkan. Apalagi dengan arahan Bapak Presiden RI Jokowi Widodo, mencanangkan Indonesia sebagai Poros Maritim, tentu keberadaan KPLP harus ada sesuai dengan ketentuan undang-undang.

Menurut Rivolindo, terkait dari kesiapan armada KPLP, kebetulan sudah banyak sudah tua. Kita usulkan agar diperbaharui dan untuk kemampuan personilnya akan dilakukan pelatihan-pelatihan. Sarana dan prasarana nya akan diusulkan contohnya saat ini Direktorat KPLP sudah melakukan pengadaan senjata laras panjang standar sipil sesuai arahan Presiden dengan produk dalam negeri dari PT Pindad.

“Terkait dengan status kelas Pangkalan PLP saat ini masih kelas I dan II namun di Komando eselon 3 dan eselon 4, hal ini sangat dibutuhkan dan perlu kajian. Nanti kami dari Direktorat KPLP dengan izin Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan diusulkan kepada Bapak Menteri Perhubungan dan dilanjutkan kepada instansi yang berwenang untuk menentukan. Dimana Kelas nya nanti dinaikkan dan  eselon dinaikkan akan diupayakan seperti itu,”tuturnya.

Rivolindo juga menyebutkan untuk total armada di Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok jumlah 13 armada yang siap operasi, sebenarnya idealnya lebih dari 13 armada karena wilayahnya sangat luas. Sehingga pengadaan armada tersebut butuh dukungan anggaran dan akan diusulkan untuk tahun anggaran 2023.

Sementara itu, Kepala Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok Triono didampingi Kepala Seksi Operasi Devi A. Mamesah mengatakan dalam rangka memperingati HUT Ke-35 Pangkalan PLP khususnya Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok, telah melakukan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya pertama, kegiatan sosial melalui bakti sosial kepada masyarakat melalui yayasan yang sangat membutuhkan khususnya dilingkungan pelabuhan Tanjung Priok.

Yang kedua, kata Triono, pihaknya nanti akan melakukan sosialisasi kampanye keselamatan dengan memberikan life jacket secara gratis kepada masyarakat khususnya masyarakat maritim yang akan dilaksanakan di pelabuhan Muara Angke, Sabtu (18/2/2023).

Ketiga, hari ini telah melaksanakan senam pagi bersama Direktur KPLP, Direktur Perkapalan dan Kepelautan dan Kepala UPT DKI Jakarta berserta personil Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok. Dan keempat tadi telah dilanjutkan dengan kegiatan perlombaan ketangkasan menembak senjata api.

Triono menambahkan rangkaian kegiatan ini, tentu akan dipusatkan dengan pelaksanaan upacara HUT ke-35 di Pangkalan PLP Tanjung Perak – Surabaya tanggal 27 Pebruari 2023. Untuk kegiatan personil sebanyak 388 orang telah melaksanakan kegiatan teknis pelaksanaan dilapangan seperti latihan SAR, latihan body officer, latihan menyelam dan penyelamatan serta kegiatan lain nya yang terjadi di laut.

Selain itu, lanjut Triono, untuk pelatihan ketangkasan personil PLP telah di lakukan juga setiap saat, seperti sekarang yang kita lakukan yaitu latihan menembak. Dengan harapan semoga yang sudah lakukan ini bermanfaat bagi bangsa dan negara serta bagi masyarakat. Karena tidak sedikit PLP ini sudah melakukan penyelamatan terhadap kapal-kapal yang mengalami musibah di laut.

“Untuk itu, harapan kami tentunya kepada masyarakat agar lebih mengenal lebih dekat pangkalan penjaga laut dan pantai, supaya bisa lebih eksis bersama serta saling memberikan informasi yang positif agar Pangkalan PLP dapat melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik. Karena tanpa dukungan masyarakat kita tidak bisa menerima informasi maupun laporan dengan cepat, pangkalan PLP memiliki Quite Responsif untuk kecepatan mengerahkan personil melaksanakan penyelamatan orang-orang yang membutuhkan pertolongan dan bantuan di laut,” pungkas Triono.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi Wismantono, S.Psl, M.MTr, Direktur KPLP Rivolindo, S.H., M.H., Direktur Perkapalan dan Kepelautan H.Ahmad Wahib, S.T., M.M., M.Mar.E., Kepala pangkalan penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tanjung Priok Jakarta Triono, S.Pel. M.M.,Kepala Balai Teknologi Keselamatan Pelayaran (BTKP) Gigih Retnowati, S.T., M.T., perwakilan KSU Tanjung Priok, perwakilan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Kabib Perencanaan dan Pembangunan Adriawan Simanungkalit, S.T., M.M.Tr., perwakilan dari Kantor Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok Kabid SBNP dan Armada Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok Hary Bowo Seno Putro, S.T., M.Sc, QIA, Kepala KSOP Kelas III Sunda Kelapa Chairul Awaluddin, KSOP Kelas IV Muara Angke Agus Harijanto, S.T., M.Si.,M.Mar.E, perwakilan dari KSOP Kelas IV Pulau Seribu Elyas, perwakilan KSOP Kelas IV Marunda Margono, perwakilan dari Polres Kepulauan Seribu, Airud Polda Metro Jaya dan jajaran personil Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok Jakarta.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s