Public Speaking, Seni Berbicara Di Depan Umum Dengan Percaya Diri

Mimbarmaritim.com (Jakarta)

Sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum, prajurit Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) dan anggota Jalasenastri Kolinlamil mengikuti pembekalan dan pelatihan Master of Ceremony, Public Speaking dan Moderator yang dilaksanakan di gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (20/1/2023).

Public speaking adalah kemampuan seseorang untuk berbicara di depan umum untuk menyampaikan pesan secara terstruktur sehingga dapat diterima dan dipahami oleh khalayak. Hadir sebagai pembicara sekaligus narasumber adalah Ny. Anggie Wasito. Seorang praktisi yang memiliki banyak pengalaman di bidang public speaking dan sering mengisi di berbagai acara sebagai MC ataupun moderator.

Ketua Gabungan Jalasenastri Kolinlamil Ny. Nana Agus Hariadi yang turut mengikuti kegiatan tersebut, dalam amanat yang disampaikannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Agus Hariadi saat acara tatap muka Panglima Kolinlamil dengan Kowal jajaran Kolinlamil yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan prajurit Kowal ataupun anggota Jalasenastri Kolinlamil dalam berbicara di depan umum dengan penuh kepercayaan diri, tampil anggun serta mampu menjadi ‘magnet’ saat tampil di hadapan publik.

“Sama-sama kita ketahui bahwa Kolinlamil sarat dengan kegiatan protokoler baik dalam lingkup kedinasan maupun kegiatan non formal lainnya. Oleh karena itu diharapkan, usai mengikuti pelatihan ini, para Kowal maupun anggota Jalasenastri Kolinlamil dapat tampil lebih percaya diri sebagai pembawa acara maupun moderator dalam berbagai kesempatan,” ungkapnya.

Panglima Kolinlamil disela-sela waktunya menyampaikan agar pelatihan ini dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendapatkan ilmu seni berbicara di muka umum dengan baik. Manfaat public speaking dalam organisasi tentunya sangatlah penting untuk membangun relasi serta memudahkan penyampaian ide dan gagasan.

“Moment yang langka ini jangan disia-siakan, jangan takut untuk mencoba, jangan malu untuk berlatih, jangan takut untuk salah dan jangan malu untuk bertanya. Intinya, tumbuhkan rasa percaya diri kalian dengan diimbangi dengan kompetensi diri dan penampilan yang menarik,” pungkasnya.

Pengembangan kemampuan bagi prajurit Kowal Kolinlamil dalam bidang public speaking merupakan bentuk upaya membangun sumber daya manusia TNI AL menjadi prajurit yang profesional dan multi talenta. Hal tersebut merupakan implementasi dari kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali yang tercantum dalam Perintah Harian Kasal, prajurit TNI AL harus meningkatkan kesiapan operasional, baik alutsista maupun satuan-satuan operasi, diikuti dengan peningkatan kemampuan (capability) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis. (Red-MM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s