KSOP Kelas II Ternate Optimistis Angkutan Laut Nataru 2022/2023 Lancar dan Aman.

Mimbarmaritim.com – Ternate

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Maluku Utara, Capt. Alexander Selleng Allokendek optimistis pelaksanaan Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru 2022/2023) berjalan lancar dan aman.

“Sejak H-7 hingga H+1 angkutan laut Nataru 2022/2023 berjalan lancar dan aman,” kata Alex saat monitoring dan evaluasi (Monev) Angkutan Laut Nataru 2022/2023 Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di Ternate, Senin (26/12/2022).

Alex mengatakan, untuk menjaga kelancaran, keamanan dan keselamatan angkutan laut Nataru tahun ini KSOP Ternate membuat Posko Nataru di Pelabuhan Ahmad Yani yang beroperasi selama 24 jam, kemudian menyiagakan Quick Respon Team yang juga bekerja selama 24 jam.

“Kami juga menyiapkan kapal patroli kelas III yaitu KN 358, kapal kelas V dan Rigid Inflatable Boat (RIB) sebagai kapal penunjang,” ujar Alex.

KSOP Ternate juga menyiagaan 180 personel yang bekerja 24 jam dan dibagi ke dalam tiga shift, mereka disebar ke enam titik pos penjagaan.

“Dua pos di Pelabuhan Ahmad Yani, Pelabuhan Dufa-Dufa serta Pelabuhan Bastiong, Pelabuhan Ferry, dan Pelabuhan Armada Speedboat di Mangga Dua Kota Ternate,” ujar Alex.

Lebih lanjut Alex mengatakan, KSOP Ternate berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti TNI, Polri, PT Pelindo, SAR, BMKG, para perusahaan pelayaran dan instansi terkait lainnya.

Sesuai data Posko Angukatan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022-2023 di Terminal Penumpang Pelabuhan Ternate hingga tanggal 25 Desember tercatat 1.233 orang (Embarkasi) 1.399 orang penumpang (Debarkasi), meningkat sekitar 35% bila dibandingkan dengan arus penumpang periode sama Tahun 2021

Dia juga menyampaikan, sebulan yang lalu menjelang masa angkutan Nataru, KSOP Ternate telah melakukan pemeriksaan kelaiklautan kapal dan menginspeksi sistem keselamatan pelayaran atau ramp check untuk mencegah terjadinya kecelakaan bahkan pemeriksaan ini sudah dilakukan jauh hari saat perhelatan Sail Tidore 2022.

Menurut Alex, berdasarkan tren jumlah penumpang naik dan turun yang dipantau oleh Posko Nataru, diperkirakan tidak akan terjadi kenaikan signifikan.

“Soalnya, Ternate itu mayoritas muslim. Jadi tidak terlalu ramai jika dibandingkan dengan hari-hari biasa. Paling tujuan ke Ambon dan Manado yang sedikit meningkat. Itu pun tidak banyak,” ujarnya.

“Untuk jumlah penumpang dari H-7 hingga H+1 hari ini, Senin (26/12), jumlah penumpang yang naik sebanyak 10.471 orang. Sedangkan jumlah penumpang yang turun sebanyak 10.303 orang, “tambah. Alex

Puncak arus mudik Nataru terjadi pada H-2, yaitu jumlah penumpang naik sebanyak 2.211 dan penumpang turun 2.123. “Posisi kedua terjadi pada H-6 yaitu 1.926 penumpang naik dan 1.691 penumpang turun,” kata Alex

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s