KUPP Kelas I Tanjung Uban Melaksanakan Kampanye Keselamatan Pelayaran Dan Bersih – Bersih Pantai

Mimbarmaitim.com – Tanjung Uban

Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas I Tanjung Uban bekerja sama dengan Kantor Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Uban dan instansi terkait bersama stakeholder melaksanakan apel kampanye keselamatan pelayaran dan bersih -bersih pantai sekaligus rangkaian kegiatan jelang memperingati Hari Ulang Tahun Perhubungan Nasional Tahun 2022.

Apel kampanye keselamatan pelayaran dan bersih – bersih pantai yang diselenggarakan di Kantor UPP Kelas I Tanjung Uban, Sabtu (10/9/2022) diikuti 150 orang peserta dan dalam kegiatan ini dilaksanakan penyerahan pas kecil dan pembagian life jaket kepada para nelayan dilingkungan Tanjung Uban.

Kepala Kantor UPP Kelas I Tanjung Uban Iwan Sumantri, S.E, M.M., saat memimpin apel dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan apel kampanye keselamatan pelayaran dan bersih -bersih pantai merupakan kegiatan program rutin setiap tahun dilaksanakan insan Perhubungan dilingkungan maritim, jelang peringatan HUT Kementerian Perhubungan RI tahun 2022.

Iwan mengatakan marilah sama -sama kita jadikan peringatan hari Perhubungan tahun ini sebagai momentum bagi kita semua untuk bersama-sama bangkit lebih kuat dan maju lebih cepat dengan terus menerus meningkatkan pelayanan, profesionalisme dan kepedulian sosial bagi masyarakat.

” Setelah lebih dari 2 tahun, bangsa kita bahkan seluruh bangsa -bangsa didunia mengalami keterpurukan yang diakibatkan adanya pandemi Covid-19. Maka sudah saatnya bagi kita untuk segera bangkit dari keterpurukan yang dengan disebabkan pandemi Covid-19 tersebut,” terang Iwan.

Iwan mengungkapkan pihaknya agar terus meningkatkan kolaborasi dan bersinergitas dengan stake holder dan instansi pemerintah serta pemangku kepentingan kepentingan lainnya, dalam menjawab kebutuhan masyarakat akan pentingnya keselamatan pelayaran dan perlindungan maritim yang menjadi tanggung jawab bersama.

Menurut dia, melihat kenyataan bahwa sampai saat ini masih banyak kecelakaan yang menelan korban jiwa terutama yang sering menimpa saudara-saudara kita nelayan yang hilang atau tenggelam saat sedang melaut dan bahkan banyaknya sampah – sampah di perairan. Yang menyebabkan rusaknya biota laut dan berkurangnya ikan-ikan sebagai sumber penghasilan dari nelayan, maka kegiatan kali ini merupakan langkah konkrit sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap masyarakat luas khususnya di lingkungan maritim.

Lebih lanjut, Iwan menjelaskan sesuai tema peringatan hari Perhubungan Nasional Tahun 2022 yaitu Bangkit dan Maju Bersama. “Saya mengajak kita semua untuk bersama-sama saling bahu membahu, berkolaborasi dan bersinergi baik dengan masyarakat, stake holder maupun dengan instansi pemerintah. Untuk segera bangkit dari keterpurukan dengan secara terus menerus dan konsisten meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar tercipta transportasi yang aman, nyaman, selamat dan lancar. Hal ini merupakan salah satu urat nadi dari pembangunan nasional yang akan memicu pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja sehingga Indonesia akan semakin maju,” tuturnya.

Mengakhiri sambutannya Iwan menyampaikan atas nama pribadi dan Kantor UPP Kelas I Tanjung Uban dan sekaligus mewakili Kepala Pangakalan PLP Kelas I Tanjung Uban mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada seluruh stake holder dan insan Perhubungan yang secara sukarela turut berpartisipasi dan mendukung kegiatan kampanye keselamatan pelayaran dan bersih-bersih pantai. Karena kegiatan seperti ini merupakan salah satu bentuk kepedulian insan Perhubungan kepada masyarakat secara luas.

Turut hadir dalam apel kampanye keselamatan pelayaran dan bersih – bersih pantai oleh KUPP Kelas I Tanjung Uban diantaranya Kantor Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Uban, TNI AL, Kepolisian Resort Bintan, Dinas Perhubungan Kabupaten Bintan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bintan, Camat Seri Kuala Lobam, Babinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa Teluk Sasah, Ketua Badan Permusyawaratan Desa, Ketua LPM, Ketua Karang Taruna, Kepala Dusun Teluk Sasah dan masyarakat setempat.

Kegiatan kampanye keselamatan pelayaran dan bersih – bersih pantai dilingkungan maritim Tanjung Uban, sampah yang berhasil di kumpulkan sebanyak 4 truk, terdiri dari plastik, pakaian dan jaring.
(MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s