Pelindo Regional 2 Sosialisasi Penerapan Good Corporate Governance Di Pelabuhan

Mimbarmaritim.com – Jakarta 

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) melalui Pelindo Regional 2 sosialisasikan penerapan Good Corporate Governance (GCG) yang bertempat di Ruang Rapat lantai 9 gedung Regional 2 Tanjung Priok, hari ini Rabu (31/8/2022).

Acara ini dilaksanakan secara hybrid melibatkan seluruh pekerja Pelindo Regional 2 dan dikuti para peserta dari stakeholder Pelindo. 

Turut hadir secara langsung Wakil Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Hambra Samal, Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara Sally Salamah, Direktur Badan Usaha Konektivitas, Pariwisata dan Kawasan Industri Aryanto Wibowo, dan Regional Head 2 Pelindo Guna Mulyana.

Sosialisasi Penerapan Good Corporate Governance (GCG) diselenggarakan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) merupakan salah satu cara perusahaan, untuk meningkatkan kinarja perusahaan cara menerapkan tata kelola perusahaan yang baik dan berkesinambungan. 

Tata kelola perusahan yang baik akan mengarahkan praktik bisnis yang bertanggung jawab. Sehingga dapat memastikan pengelolaan lingkungan kerja yg positif dan kondusif, pertanggungjawaban kepada stakeholders, serta pencapaian kinerja keuangan yang sehat dan berkesinambungan.

GCG merupakan pedoman bagi PT Pelindo (Persero) Regional 2 untuk menjalankan tindakan dengan dilandasi moral yang tinggi, kepatuhan kepada perundang undangan yang berlaku, dan kesadaran terhadap tanggung jawab sosial perusahan terhadap stakeholder secara konsisten.

Pelindo Regional 2 menyadari bahwa, GCG di perusahaan tidak akan bisa tercapai jika tidak didukung oleh pihak eksternal.

Karena adanya faktor dukungan eksternal inilah Pelindo Regional 2 melaksanakan sosialisasi GCG dengan mengundang stakeholders terkait, diantaranya Kejaksaan Negeri Jakarta Utara, Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Prio, Kantor Otoritas Pelabuhan Pelabuhan Tanjung Priok, Kapolres Pelabuhan, Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tanjung Priok, Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok, Kantor Karantina Ikan, Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok, Kantor Balai Pertanian Tanjung Priok.

Asosiasi, Direktur atau pimpinan perusahaan, dan perwakilan dari pekerja Pelindo (Group Head, Division Head, General Manager Pelabuhan Tanjung Priok SVP, VP, dan Departemen Head), sedangkan untuk para pekerja yang lainnya bergabung melalui zoom meeting (Online).

Wakil Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Hambra dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam proses penerapan GCG tentunya Pelindo tidak lepas dari dukungan mitra, asosiasi dan stakeholders (Faktor Eksternal), semuanya harus mempunyai pemahaman yang sama dalam penerapannya, sehingga agar penerapan GCG dapat berjalan dengan baik. 

“Jika Pelindo menerapkan GCG yang baik tetapi faktor eksternalnya tidak menerapkan maka ini tidak akan berhasil untuk mencapai tujuan, begitu juga dengan sebaliknya,”kata Hambra.

Oleh karena itu, lanjut Hambra, hari ini Pelindo melibatkan seluruh stakeholders dalam pelaksanaan Sosialisasi GCG, merupakan salah satu cara untuk menjaga keseimbangan. Pelindo sebagai pemberi jasa harus memberikan jasa dengan baik sesuai yang diharapkan oleh stakeholders sehingga Pelindo tetap bisa memberikan pelayanan terbaik bagi stakeholders.

Hambra mengharapkan GCG dapat meningkatkan daya saing perusahan secara nasional maupun internasioal sehingga meningkatkan kepercayaan pasar yg dapat mendorong arus investasi dan pertumbuhan ekonomi nasional yg berkesinambuangan.

“Dalam pengelolaan GCG di Pelindo Regional 2 mengedepankan prinsip Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Independensi, Fairness, dan Trused (Kepercayaan),” tukasnya

Sementara, Regional Head 2 Guna Mulyana dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya implementasi GCG atau penerapan GCG ini, maka pengelolaan sumber daya perusahaan diharapkan menjadi efisien, efektif, ekonomis dan produktif dengan selalu berorientasi pada tujuan perusahaan dan memperhatikan stakeholders approach.

Menurut dia, tujuan dilakukannya sosialisasi ini adalah agar seluruh insan Pelindo Group, para stakeholder dan pemangku kepentingan perusahaan selalu memahami dan menerapkan 6 (enam) prinsip GCG yakni transparansi, kemandirian, akuntabililitas, pertanggungjawaban, kewajaran dan trusted dalam pelaksanaan kegiatan perusahaan. 

” Bahkan untuk setiap pengambilan keputusan harus didasarkan pada nilai moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku,”pungkasnya.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s