Tingkatkan Pelayanan, KSOP Kelas I Banjarmasin Launching Aplikasi SISKA

Mimbarmaritim.com – Banjarmasin

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kinerja dan memberikan kemudahan Informasi Pelabuhan, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banjarmasin melakukan inovasi dan terobosan pelayanan kepada pengguna jasa kepelabuhanan dengan meluncurkan Aplikasi SISKA (Sistem Informasi Sertifikasi Keselamatan Kapal ) di Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banjarmasin, Selasa (7/6/2022).

Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banjarmasin Dr.Hartanto, M.H, M.Mar,Eng dalam sambutannya mengatakan Launching Aplikasi Siska ini dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa kepelabuhanan. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi
Publik.

Hartanto menjelaskan Launching Aplikasi Sistem Informasi Sertifikasi Keselamatan Kapal (SISKA) mengingat perkembangan teknologi informasi perlu dilakukan penyesuaian terhadap operasional sistem perkantoran, pengaturan penerimaan surat, proses distribusi surat dan dokumentasi data permohonan di Pusat Pelayanan Satu Atap (PPSA), Laporan Pemeriksaan dan Penerbitan Sertifikasi Kapal, sehingga akan berdampak pada peningkatan kinerja dan pelayanan instansi.

“Dengan adanya kemajuan teknologi informasi dimana saat ini hampir seluruh wilayah Indonesia telah terjangkau oleh jaringan internet, maka telekomunikasi secara elektronik dapat dilakukan dengan cepat, mudah dan murah,”ungkap Hartanto.

Hartanto menyebutkan tujuan Aplikasi Sistem Informasi Sertifikasi Keselamatan Kapal (SISKA) adalah untuk memberikan Pemeriksaan dan Sertifikasi Kapal secara real time dan merupakan media penyampaian informasi yang efektif dan efisien kepada masyarakat. Sehingga kebutuhan akan aplikasi ini sangat membantu dalam pelayanan dan penyebaran informasi.

” Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya Launching Aplikasi Sistem Informasi Sertifikasi Keselamatan Kapal (SISKA). Hal ini juga untuk
memenuhi kewajiban Diklat Pelatihan Kepemimpinan Administrator yang sedang diikuti oleh Kabid Status Hukum dan Sertifikasi Kapal, Capt. Maltus Jackline Kapistrato,”pungkasnya.

Sementara, Kepala Bidang Status Hukum dan Sertifikasi Kapal, Capt. Maltus Jackline Kapistrato, S.SiT, M.Si mengatakan acara Launching Aplikasi Sistem Informasi Sertifikasi Keselamatan Kapal (SISKA) sangat disambut seluruh stakeholder. Karena sistem informasi manajemen menjadi alat yang bekerja untuk menunjang sekaligus mengendalikan operasi yang ada dalam suatau perusahaan khususnya perusahaan pengguna jasa kepelabuhanan.

Capt Maltus mengungkapkan tujuan dari sistem infromasi manajemen itu sendiri yakni dengan mengumpulkan dan mengatur seluruh data yang ada dari berbagai perusahaan, kemudian meringkasnya dan memfasilitasi serta meningkatkan kualitas pengambilan keputusan sehingga produktivitas pelayanan semakin baik.

“Aplikasi ini untuk sertifikasi keselamatan kapal adalah Sistem yang akan membantu untuk mempermudah dalam proses penerbitan sertifikat keselamatan kapal, serta upaya dari KSOP Kelas I Banjarmasin sebagai salah satu unit pelaksana teknis dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, untuk
memberikan pelayanan kepada stakeholder pelabuhan yang lebih transparan dan akuntabel,”jelas Capt Maltus.

Hadir dalam Acara Launching Aplikasi SISKA KSOP Kelas I Banjarmasin : Kepala PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) Cabang Banjarmasin Wiyono.ST, para Pejabat Struktural Kantor KSOP Kelas I Banjarmasin, stakeholder di lingkungan Kantor KSOP Kelas I Banjarmasin dan para Pegawai Kantor KSOP Kelas I Banjarmasin.(Red-MM).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s