Kantor Imigrasi  Kelas I TPI Tanjung Priok Dukung Mobilitas Masyarakat Melalui Penambahan Kuota M-Paspor

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Masyarakat saat ini lumayan lega masa pandemi Covid-19 mulai reda, hal ini membuat masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari sudah mulai longgar. Mobilitas dan keinginan masyarakat untuk melakukan perjalanan dalam negeri dan luar negeri sudah mulai meningkat.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok Abdi Widodo Subagio mengatakan saat ini masyarakat untuk permintaan permohonan pembuatan paspor di seluruh Indonesia dan khususnya di Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok mengalami peningkatan.

“Menyikapi peningkatan permintaan masyarakat dalam pembuatan paspor tersebut, saat ini Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung telah melakukan penambahan kuota M-Paspor setiap hari,” kata Abdi Widodo Subagio melalui keterangan tertulisnya diterima Mimbar Maritim, hari ini, Sabtu (4/6/2022).

Abdi mengungkapkan penambahan kuota M-Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok dilakukan sejak awal Juni 2022. Penambahan kuota ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat terhadap layanan penerbitan paspor di Kantor Imigrasi  Kelas I TPI Tanjung Priok. 

Dia menyebutkan bahwa Kuota M- Paspor yang sebelumya di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok hanya melayani untuk 75 orang. Namun setelah dilakukan penambahan, kuotanya menjadi 210 orang perharinya. Dengan ketentuan waktu pelayanan mulai dari pukul 07.30 WIB sampai dengan 16.00 WIB. 

Selain itu, kata Abdi, pihaknya juga telah menghadirkan inovasi pelayanan I’PRIMA (Imigrasi Priok Melayani Anda) khusus diperuntukkan bagi lansia (diatas 65 Tahun), orang sakit dan yang tidak memungkinkan untuk datang ke kantor Imigrasi. 

Abdi menjelaskan pemohon paspor dengan kriteria seperti ini nantinya dapat mengajukan layanan I’PRIMA. kemudian petugas imigrasi akan datang langsung ke tempat pemohon pada waktu yang telah ditentukan untuk pengambilan foto dan biometrik.

Abdi menambahkan ada lagi pelayanan Eazy Paspport, hal ini menjadi pilihan masyarakat untuk mengurus paspor secara kolektif tanpa datang ke kantor imigrasi.

Layanan ini dapat diajukan seluruh instansi pemerintah atau swasta, TNI, Polri, instansi pendidikan hingga komunitas masyarakat dengan minimal jumlah pemohon sebanyak 20 orang setiap kali pelayanan.

“Mekanisme pengajuan layanan Eazy Passport sangat mudah kog,  cukup hanya mengajukan  permohonan tertulis kepada  Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok, Nanti petugas pelayanan akan cepat merespon,”pungkas Abdi. (MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s