Mantapkan Kemampuan Skomlek Kolinlamil Gelar Latihan Operator Radio HF

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Staf Komunikasi dan Elektronika Komando Lintas Laut Militer menggelar latihan pemantapan kemampuan operator radio HF selama sepekan dengan peserta operator radio Diskomlek Kolinlamil dan operator radio KRI jajaran Satuan Lintas Laut Militer 1.

Kegiatan latihan dibuka oleh Wakil Asisten Komunikasi dan Elektronika Kasal dengan dihadiri oleh Kepala Staf Kolinlamil mewakili Panglima Kolinlamil dan beberapa pejabat Skomlekal dan Kolinlamil dengan mengambil tempat di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (30/5/2022)

Wakil Asisten Komunikasi dan Elektronika Kasal Laksma TNI Dono Herbowo yang membacakan sambutan Asisten Komunikasi dan Elektronika Kasal menyampaikan bahwa seiring dengan perkembangan lingkungan strategis, dinamika dan tantangan tugas TNI serta pesatnya perkembangan teknologi berpengaruh terhadap cara bertempur khususnya perkembangan teknologi komlek, teknologi informasi komlek dan teknologi informasi. Mensikapi hal tersebut, perlu adanya peningkatan kemampuan personel dengan kegiatan pelatihan pemantapan kemampuan Operator Radio HF dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan tentang penyelenggaraan dan operasional sistem komunikasi radio HF guna meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel komunikasi Kolinlamil sebagai operator alkomlek dalam rangka mendukung kegiatan operasi atau latihan TNI AL.

“Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan personel komunikasi di jajaran Kolinlamil, perlu adanya penyelenggaraan kegiatan pelatihan pemantapan kemampuan operator radio HF tahun 2022. Diharapkan dari latihan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan teknis dan penguasaan prosedur pengoperasian radio HF yang memiliki fitur Automatic Link Establishment (ALE), link radio dan tracking posisi serta mampu merawat dan memelihara peralatan radio HF dengan lebih baik,” ujar Waaskomlek Kasal.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma melalui Asisten Komunikasi dan Elektronika Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Adi Lumaksana menyampaikan pesannya kepada para peserta untuk memanfaatkan kesempatan latihan guna meningkatkan kemampuannya sebagai operator radio HF dengan penuh semangat dan dedikasi yang tinggi dilandasi disiplin serta motivasi untuk tidak mengenal lelah dalam menuntut ilmu.

Panglima Kolinlamil berharap dengan latihan ini, hal yang menjadi harapan dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yaitu terbangunnya sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional dapat terwujud. (MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s