Pastikan Kondisi Kesehatan, Pejabat Kolinlamil Cek Darah

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Sebelum apel pagi dimulai, para pejabat Komando Lintas Laut Militer tampak berjajar rapi di depan ruang Officer Club, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara untuk pengambilan sampel darah yang dilakukan oleh petugas medis dari Dinas Kesehatan Kolinlamil, Selasa (10/5/2022).

Para pejabat Kolinlamil tampak antusias untuk bisa mendapatkan informasi status kesehatannya berdasarkan hasil laboratorium pemeriksaan darah.

Kepala Dinas Kesehatan Kolinlamil Letkol Laut (K) Slamet Rahardja yang berada di lokasi kegiatan pengambilan sampel darah menyampaikan bahwa sesuai arahan Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma agar dilaksanakan pemeriksaan laboratorium darah meliputi Trigliserida, Cholesterol total/HDL/LDL dan asam urat.

Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan para pejabat Kolinlamil berdasarkan hasil laboratorium, sehingga bilamana didapati nilai ambang batas aman atau sehat dari masing-masing kriteria pemeriksaan terlampaui atau mungkin kurang dapat dilakukan proses lebih lanjut dengan pengobatan.

“Prinsipnya, cegah dini deteksi dini. Bilamana hasil pemeriksaan darah menunjukkan adanya gejala suatu penyakit atau sakit bisa segera diantisipasi agar tidak bertampah parah,” jelas Kadiskes Kolinlamil.

Dalam kesempatan yang lain, Panglima Kolinlamil menyampaikan bahwa pemeriksaan sampel darah bagi pejabat Kolinlamil semata-mata untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Apalagi sebagian besar pejabat Kolinlamil melaksanakan ijin cuti bersama Idul Fitri 1443 Hijriyah, tidak menutup kemungkinan setelah tidak berpuasa pola makan dan makanan yang dikonsumsi kurang diperhatikan.

Dalam suatu kesempatan, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono menekankan akan pentingnya kesehatan bagi seluruh prajurit. Sesuai slogan “mens sana in corpore sano” yang berarti dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat maka dengan berbekal kesehatan yang optimal setiap prajurit TNI AL akan siap untuk mengemban penugasan yang diberikan. (Red-MM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s