Yakinkan Kesiapsiagaan KRI, Dansatlinlamil 1 Sidak Unsur- Unsurnya

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Tugas jaga merupakan kehormatan bagi prajurit. Cuti bersama dalam rangka lebaran tahun 2022 yang dilaksanakan oleh sebagian prajurit Kolinlamil tidak menyurutkan prajurit divisi jaga KRI untuk tetap waspada dan siap siaga menjaga serta mengamankan alutsista TNI AL sebagai upaya untuk mengantisipasi berbagai bentuk ancaman.

Dalam rangka menguji kesiapsiagaan dan kewaspadaan prajurit divisi jaga KRI jajarannya, Komandan Satuan Lintas Laut Militer 1 Kolonel Laut (P) Yohanes Upang melaksanakan inspeksi mendadak ke unsur-unsur KRI yang saat ini sandar di Dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (4/5/2022).

Dengan cermat dan teliti, Komandan Satlinlamil 1 mengecek kekuatan divisi jaga sekaligus keberadaan personel divisi jaga di tiap-tiap KRI. Setelah diyakinkan personel divisi jaga baik yang aktif jaga maupun yang tidak aktif jaga stand by di KRI, Komandan Satlinlamil 1 mengumpulkan para Perwira Jaga untuk diberikan arahan dan penekanan.

Dalam arahannya kepada para Perwira Jaga masing-masing KRI, Komandan Satlinlamil 1 menekankan pentingnya kewaspadaan dan meningkatkan sense of intelligence-nya mengingat sebagian prajurit KRI berada di luar Kesatrian. Setiap personel divisi jaga harus memahami dan mengetahui tugasnya masing-masing bilamana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti bahaya kebakaran dan kebocoran. Dan yang tidak kalah pentingnya, personel divisi jaga tidak boleh meninggalkan KRI tanpa ijin meskipun sedang tidak aktif jaga.

Sebelum melepas para pemudik lebaran yang berasal dari prajurit dan PNS Kolinlamil beserta keluarganya, Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma menyampaikan instruksinya kepada para Komandan Denmako Kolinlamil, para Komandan Satuan dan para Komandan KRI untuk lebih peduli dengan penjagaan kesatrian dalam rangka mengamankan obyek vital sebagai langkah preventif terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya adanya upaya sabotase dari pihak lawan.

“Mako Kolinlamil sebagai pangkalan KRI adalah obyek vital nasional dan komponen dari Sistem Senjata Armada Terpadu, oleh karena itu kita harus memiliki kewaspadaan dan kesiapsiagaan yang tinggi. Check and re-check personel yang keluar masuk penjagaan,” tegas Panglima Kolinlamil.

Sesuai perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh jajaran TNI AL untuk selalu meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan Sistem Senjata Armada Terpadu yang memiliki daya gerak dan daya gempur yang tinggi. (Red-MM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s