Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi Tinjau Dermaga Dishub Kali Adem  Muara Angke – Jakarta Utara

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka peninjauan sarana dan prasarana serta pengawasan pengendalian transportasi pada masa Idul Fitri 1443H di Pelabuhan Kali Adem Muara Angke  – Jakarta Utara – DKI Jakarta, hari ini Selasa (3/5/2022) pada pukul 07.00 WIB sampai 07.52 WIB.

Kunjungan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ke Dermaga Dishub Kali Adem ini didampingi Plt.Dirjen Perhubungan Laut Capt Mugen Sartoto, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Sesditjen) Arif Toha, Direktur KPLP Capt.Weku Karuntu, Kepala Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok Andi Hartono, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Capt Wisnu Handoko, Kepala Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok Raymond Sianturi, Kepala Pangkalan PLP Capt Wahyu Prihanto, KSOP Kelas III Sunda Kelapa Chairul Awaluddin, Waka Polres Pelabuhan Tanjung dan jajaran Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Kapolsek Kawasan Sunda Kelapa Kompol Seto Handoko Putra dan jajaran Polsek Kawasan Sunda Kelapa, Kepala KSOP Kelas IV Marunda Capt Isa Amsyari, KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu Johan Christofer, Kepala Kantor Kali Adem Muara Angke dan Jajaran Pejabat Dishub DKI Jakarta

Kompol Seto Handoko Putra S.I.Kom, S.I.K, menjelaskan kunjungan Bapak Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi ini meninjau kegiatan vaksinasi yang telah disiapkan bagi seluruh penumpang. Peninjauan ke Pos Pelayanan di Kali Adem Muara Angke dan alur keberangkatan penumpang sampai menuju kapal.

Selain itu, kata Kapolsek, Menhub menerima penjelasan terkait Standar Operasi Pelayanan (SOP) pelayanan dan alur keberangkatan penumpang  kapal laut kepada Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan ( KSOP) Kelas IV Muara Angke Dimyati.

“Pada kesempatan itu, Menhub juga memberikan bingkisan paket lebaran kepada petugas Basarnas, Polri dan jajaran Kementerian Perhubungan dilanjutkan dengan pembagian masker dan pembagian Life Jacket kepada perwakilan operator kapal yang beroperasi di Muara Angke,” tutur Kapolsek.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan persnya kepada awak media saat kunjungan ke Dermaga Dishub Kali Adem menyampaikan keberangkatan kapal harus tetap memenuhi keselamatan artinya jumlah daripada penumpang sesuai dengan manifes dan kelaikan kapal melalui cek yang sudah dilalui beberapa hari ini.

“Kepada awak kapal untuk tetap berhati-hati dalam menjaga keselamatan selain apa yang sudah di periksa, menghindari adanya api, menghindari adanya overloaded dan kecepatan sesuai dengan ketepatan sesuai yang ditentukan,” tegas Menhub.

Menhub mengatakan bahwa jumlah penumpang kapal laut dari dermaga Kali Adem diperkirakan rata – rata 3.000 – 4.000 orang penumpang berjalan dengan baik dan aman.

“Saya mengharapkan teman-teman yang ada di dermaga Kali Adem khususnya KSOP Kelas III Sunda Kelapa supaya melakukan pekerjaan ini dengan baik, sopan, ramah. Karena banyak wisatawan yang akan berwisata tetapi berwisata yang berkeselamatan,” ujar Menhub.

Menhub menambahkan mudik aman, mudik sehat harus dilaksanakan dan saya mengapresiasi bahwa di Pelabuhan ini dilakukan manajamen protokol kesehatan yang baik, peduli lindungi dilakukan dan vaksin di adakan di tempat ini.

Mengakhiri kunjungan kerja tersebut Menhub membagikan langsung masker kepada para wisatawan yang ada di atas kapal. Dilanjutkan foto bersama dan pada Pukul 07.52 WIB Menteri Perhubungan meninggalkan pelabuhan Kaliadem pelabuhan Muara Angke – Jakarta Utara. (Red- MM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s