Dukung Perempuan Berkarya, Pelindo Luncurkan Komunitas Mutiara Pelindo

Mimbarmaritim.com – Makassar

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo meluncurkan Mutiara Pelindo, yaitu komunitas perempuan berkarya di Pelindo untuk saling mendukung dalam berkarya dan berprestasi dengan beragam peran, baik sebagai ibu, istri, maupun pekerja.

Komunitas dengan tagline “Maritime Sisterhood” yang merupakan bagian dari Srikandi BUMN ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi perempuan berkarya di Pelindo agar dapat saling mendukung, membangun kapasitas, mampu beradaptasi, serta menjaga keseimbangan perannya. Kata “Mutiara” sendiri merupakan akronim dari “Muda, Tangguh dan Pemelihara”.

Bertempat di Ruang Serbaguna Lantai 7 Kantor Pelindo Regional 4 Makassar pada Kamis (21/4/2022) kemarin yang bertepatan pula dengan Peringatan Hari Kartini, Direktur SDM dan Umum Pelindo Ihsanuddin Usman dan Ketua Mutiara Pelindo sekaligus Direktur Teknik Subholding Pelindo Terminal Petikemas, Dothy hadir secara langsung dan melakukan peluncuran Mutiara Pelindo.

“Kementerian BUMN sudah memberikan target yang jelas dimana kita harus menyiapkan minimal 15% nominated top talent adalah perempuan, Alhamdulillah tahun ini Pelindo telah mencapai 11%. Saya berharap akan muncul lebih banyak pemimpin perempuan yang memberikan kontribusi, bukan karena kuota, tapi memang sudah mempersiapkan diri dan dipersiapkan oleh lingkungannya agar kemudian efektif sebagai leader. Ini adalah challenge kita bersama,” ujar Direktur SDM dan Umum Pelindo, Ihsanuddin Usman pada sambutannya.

“Sebagaimana diketahui, bahwa Kementerian BUMN mendorong kaum perempuan memaksimalkan eksistensinya sebagai wanita karier dengan membentuk Srikandi BUMN. Saya berharap, Perempuan di seluruh BUMN di Indonesia pada umumnya, dan Pelindo khususnya dapat terus menumbuhkan semangat berkarya untuk bisa menjadi contoh Perempuan yang Berdaya,” ujar Tedi Bharata, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN.

Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono dalam sambutannya bersyukur dan mengapresiasi terbentuknya Mutiara Pelindo. “Saya mengucapkan selamat atas lahirnya organisasi Mutiara Pelindo secara resmi. Organisasi ini dapat digunakan sebagai wadah dan networking atau silaturahmi bagi para pegawai perempuan Pelindo untuk melakukan inovasi dan kontribusi secara nyata dalam mendukung women empowerment. Saya berharap Mutiara Pelindo juga dapat membantu Perusahaan menjadi pemimpin ekosistem maritim terintegrasi dan berkelas dunia,” jelas Arif.

“Anggota kami terdiri dari pegawai wanita sebanyak 1.326 orang, atau 18% dari total keseluruhan pegawai, Alhamdulillah sebanyak 312 diantaranya sudah mendapatkan kepercayaan untuk menduduki jabatan struktural. Kami mengucapkan terima kasih kepada manajemen Pelindo yang telah memberikan peluang, memberikan kesempatan dan fasilitas bagi pegawai wanita untuk dapat berkreasi sekaligus menjaga keseimbangan untuk peran domestiknya. Kami harap dapat hand-in-hand dengan manajemen dalam membuat program-program women empowerment untuk menciptakan female leader lebih banyak,” ujar Ketua Mutiara Pelindo, Dothy.

Serangkaian dengan Peluncuran Mutiara Pelindo, telah dilaksanakan program Pelindo Berbagi Ramadan 1443 H berupa paket Lebaran kepada antara lain tenaga alih daya, security, cleaning service, driver dan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) ada di Regional 4, Cabang Makassar, Terminal Petikemas Makassar (TPM), Makassar New Port (MNP) dan Pelindo Multi Terminal. Disamping itu kegiatan serupa juga dilaksanakan di masing-masing lokasi kerja pengurus Mutiara Pelindo yang tersebar di seluruh Indonesia.

Amran, salah seorang TKBM di Pelabuhan Makassar mengucapkan terima kasih atas paket Lebaran berisi sembako yang diterimanya. Dia mengatakan, paket Lebaran ini sangat berarti bagi dia dan teman-temannya sesama TKBM.

“Semoga Pelindo terus menjadi perusahaan yang terbaik, selalu berkembang dan maju. Kami berharap akan selalu mendapatkan bantuan seperti ini, terutama di momen menjelang Idul Fitri,” ujarnya.

Tenaga security di Pelindo Regional 4, Wawan juga menyampaikan hal senada. Bahkan dia berucap bahwa bantuan paket Lebaran sangat bermanfaat bagi dirinya dan keluarga.

“Semoga Bapak dan Ibu di Pelindo selalu diberikan kesehatan dan kekuatan, sehingga bisa menjalankan perusahaan dengan baik dan kami serta teman-teman yang lainnya juga ikut merasakan manfaat yang besar dari pertumbuhan dan perkembangan perusahaan tempat kami bekerja,” tuturnya.

Sudirman Mamen, tenaga cleaning service di Pelindo Regional 4 turut berterima kasih atas bantuan paket Lebaran yang juga diterimanya. “Terima kasih Pelindo, semoga bisa terus berbagi dan peduli kepada kami.” (MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s