Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok Sosialisasi Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal Imigrasi Nomor : IMI-0549.GR.01.01 Tahun 2022

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Kementerian Hukum dan HAM Cq Direktorat Jenderal Imigrasi melalui Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok telah melaksanakan sosialisasi Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal Imigrasi Nomor: IMI-0549.GR.01.01 Tahun 2022 tentang Kemudahan Keimigrasian Dalam Rangka Mendukung Pariwisata Berkelanjutan Pada Masa Pandemi Covid-19 dan Pengenalan Aplikasi M-Paspor pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok Abdi Widodo Subagio saat membuka acara sosialisasi dalam sambutannya menyampaikan bahwa sosialisasi Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal Imigrasi Nomor : IMI-0549.GR.01.01 Tahun 2022 merupakan program dan inovasi yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Imigrasi yang disosialisasikan melalui Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok. Untuk dapat disebarkan luaskan kepada masyarakat dan seluruh stakeholder di lingkungan pelabuhan Tanjung Priok.

“Sebelumnya, selama masa Covid-19 pada awal tahun 2020, jajaran Direktorat Jenderal Imigrasi dalam menerapkan aturan selalu menyesuaikan sesuai dengan keadaan dan melakukan pembatasan. Sejak awal tahun 2020 sampai dengan Oktober 2022 Direktorat Jenderal Imigrasi selalu melakukan re regulasi terkait dengan kebijakan selama masa pamdemi,” kata Abdi Widodo Subagio saat Sosialisasi Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal Imigrasi Nomor : IMI-0549.GR.01.01 Tahun 2022 di Hotel El Royale Kelapa Gading – Jakarta Utara,Kamis (21/4/2022).

Abdi mengatakan Peraturan Menteri Kemenhumkam melalui Direktorat Jenderal Imigrasi telah membuat kebijakan masa pandemi terkait pembatasan orang asing untuk masuk ke wilayah Indonesia. Melalui Surat Edaran Direktorat Jenderal Imigrasi dapat membantu kemudahan dokumen keimigrasian mendukung sektor pariwisata yang berkelanjutan dan secara nasional masyarakat umum telah mengetahui inovasi penggunaan aplikasi M-Paspor.

“Diharapkan, secara spesifik terhadap stakeholder pelabuhan Tanjung Priok khususnya perusahaan keagenan kapal yang ada di lingkungan pelabuhan Tanjung Priok. Melalui SE Direktorat Jenderal Imigrasi ini, mereka akan dapat mengedukasi terkait kemudahan keimigrasian dalam rangka mendukung sektor pariwisata berkelanjutan pada masa pandemi terhadap orang asing dan kemudahan penggunaan aplikasi M-Paspor,” jelas Abdi.

Sementara, Plt. Asisten Pemeritahan Walikota Jakarta Utara Wawan Budi Rohman melalui Kepala Bagian Kesbang Walikota Jakarta Utara, Iyan Sopian Hadi pada kesempatan menyampaikan apresiasi dan menyambut baik Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok telah melibatkan Pemerintah Daerah  Kota Administrasi Jakarta Utara dalam sosialisasi Surat Edaran Direktorat Jenderal Imigrasi.

Iyan mengatakan pihaknya sangat berterimakasih kepada Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok atas sosialisasi Surat Edaran Direktorat Jenderal Imigrasi terkait kemudahan dokumen keimigrasian dalam rangka mendukung sektor pariwisata yang berkelanjutan dan penggunaan aplikasi M-Paspor.

“Kami berharap atas adanya kemudahan memperoleh dokumen keimigrasian ini, akan dapat meningkatkan sektor pariwisata secara nasional dan khususnya di wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara. Karena melalui sosialisasi seperti ini akan dapat membantu dan mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi terkait dokumen keimigrasian,” jelasnya.

Ditambahkannya, melalui sosialisasi ini para perusahaan pelayaran yang ada di pelabuhan Tanjung Priok dapat berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Utara. Dalam rangka informasi tentang destinasi pariwisata yang ada khususnya di Kota Administrasi Jakarta Utara.

Kegiatan sosialisasi ini, menghadirkan narasumber Joko Surono selaku Koordinator Dokumen Perjalanan dan Verifikasi Dokumen Perjalanan dari Direktorat Jenderal Imigrasi Joko Surono dan Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Utara Wiwik Satriani dan moderator Kasie Lalulintas Keimigrasian Ricardo.

Kegiatan Sosialisasi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok dihadiri : jajaran pegawai Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok, Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok, Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok, Kantor Bea dan Cukai Tanjung Priok, Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Asosiasi Keagenan Kapal (INSA), perusahaan pelayaran dilingkungan pelabuhan Tanjung Priok dan stakeholder lainnya.

Informasi untuk diketahui : Tata cara pendaftaran atrean Paspor online

1.Sign in dengan email dan password mu. Jika belum memiliki akun, klik ” Daftar Akun” untuk mendaftar.

2.Isi kolom yang ada dengan data diri kamu untuk mendaftar dan lakukan verifikasi via email

3.Silakan login email dan password yang telah didaftarkan Klik ” Pengajuan Permohonan”

4. Ikuti langkah-langkah yang ada untuk verifikasi NIK dan mengisi kuesioner yang tersedia.

5. Lanjutkan dengan dengan proses Unggah Dokumen Persyaratan yang dibutuhkan

6. Lanjutkan dengan memilih Kantor Imigrasi yang anda akan tuju untuk proses pengajuan permohonan Paspor anda.

7. Selanjutnya, Anda dapat memilih waktu kedatangan sesuai dengan Kuota yang tersedia pada Kantor Imigrasi yang telah dipilih, kemudian Klik Lanjut.

8. Selanjutnya akan keluar Billing pembayaran Paspor. Anda harus datang ke Kantor Imigrasi pada waktu yang sesuai dan membawa Dokumen Asli.

Silahkan download dan install M-Paspor di Handphone Anda ..( Red-MM).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s