Tangkal Sabotir, Satlinlamil 1 Lawan Sabotase Bawah Air

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Satuan Lintas Laut Militer 1 menggelar latihan lawan sabotase bawah air (LSBA) tahun 2022. Acara pembukaan latihan dipimpin oleh Wakil Komandan Satlinlamil 1 Letkol Laut (P) Hari Siswoyo mewakili Komandan Satlinlamil 1 di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (4/4/2022).

Latihan ini diikuti 60 prajurit Satlinlamil 1 dari unsur KRI dan staf dan akan selenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 4 – 6 April 2022 dengan metode penyampaian materi di kelas berupa pengetahuan LSBA, komunikasi dan pengeplotan LSBA, damage control serta handling of detainees. Kegiatan latihan diakhiri dengan latihan praktek lapangan.

Wakil Komandan Satlinlamil 1 saat menyampaikan amanat Komandan Satlinlamil 1 menjelaskan, latihan lawan sabotase bawah air terhadap KRI yang berada di pangkalan ini bertujuan membina dan meningkatkan kemampuan prajurit Satlinlamil 1 dalam pelaksanaan peran LSBA guna menangkal serangan lawan yang dilakukan oleh sabotir bawah air.

Sasaran yang hendak dicapai dari latihan lawan sabotase bawah air ini adalah terwujudnya keterpaduan komando, kendali dan komunikasi serta kerja sama taktis antar satuan-satuan operasi dalam mempertahankan pangkalan khususnya kapal-kapal yang siap melaksanakan tugas operasi.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma menyampaikan pesannya kepada peserta latihan untuk memanfaatkan waktu latihan dengan sebaik-baiknya mengingat latihan LSBA selalu dipraktekkan pada saat dilaksanakan latihan setingkat Armada Jaya ataupun Latihan Gabungan TNI.

“Pahami dan gali setiap materi yang disampaikan oleh para instrukstur agar nanti pada pelaksanaannya masing-masing personel sudah memahami siapa berbuat apa.” tandas Panglima Kolinlamil.

Sesuai dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono agar setiap satuan TNI AL secara berkelanjutan untuk melaksanakan latihan guna membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan professional serta tangguh menghadapi segala ancaman dalam setiap pelaksanaan tugas. (MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s