Insan Komplek Kolinlamil Terima Pembekalan Dari Askomlek Panglima TNI

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Kadiskomlek Kolinlamil Kolonel Laut (E) Gesit Pratiknyo mengikuti rapat koordinasi komunikasi dan elektronika melalui video conference di ruang kerjanya, Gedung Laut Jawa, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (23/3/2022)

Rakor Komlek TNI Tahun 2022 ini mengambil tema “Melalui Rakor Komlek TNI, Kita Tingkatkan Kemampuan Personel di Bidang Teknologi Informasi guna mewujudkan SDM yang Handal dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI.”

Asisten Komunikasi dan Elektronika Panglima TNI Marsda TNI Agus Muhammad Bahron dalam sambutannya menyampaikan, pemilihan tema Rakor Komlek sejalan dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo pada Rapat Pimpinan TNI tahun 2022, di mana TNI harus dapat mengikuti perkembangan teknologi informasi.

Perkembangan ilmu pengetahuan pada satu sisi berdampak positif pada peradaban manusia, namun juga menghadirkan sisi negatif yaitu adanya pemanfaatan perkembangan ilmu pengetahuan untuk mengembangkan teknologi perang jenis baru yang berdampak cukup mengkhawatirkan bagi kelangsungan hidup suatu negara.

Pada Rakor Komlek kali ini dihadirkan pakar IT sekaligus Dosen Perang Asimetrik Unhan RI, Kabid Alih Teknologi dan Ofset Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) Dr. Yono Reksoprojo, ST.DIC sebagai nara sumber dengan mengangkat materi Perang Informasi dan Perang Siber, kajian tentang penggunaan teknologi informasi dalam perang modern.

Sebagai penekanan dalam Rakor Komlek tahun 2022, Askomlek Panglima TNI menyampaikan beberapa poin, diantaranya adalah peningkatan sumber daya manusia bidang komlek tidak hanya secara kuantitas namun juga secara kualitas khususnya penguasaan bidang teknologi informasi dan komunikasi dalam menghadapi ancaman di masa mendatang yang semakin kompleks dan berhati-hati dalam penggunaan komunikasi publik untuk keamanan pengiriman data yang bersifat rahasia dan sangat rahasia.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma menginstruksikan jajaran Komlek Kolinlamil baik pendirat maupun unsur KRI untuk terus membangun sumber daya manusia pengawak Komlek dengan terus berlatih dan mengikuti perkembangan teknologi komunikasi yang terus berkembang pesat.

Dalam bidang komlek, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono telah memberikan arahan dan penekanan yaitu interoperability bidang komlek demi terwujudnya Network Centric Warfare TNI AL, bangun teknologi informasi guna terwujudnya integrasi sistem informasi TNI AL dan jaring komunikasi unsur operasi dan kodal harus handal. (MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s