Antisipasi Kemunculan Pesawat Udara Tak Kenal, Prajurit KRI Berlatih Prosedur Air Raid Reporting Controling Ship

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Unsur KRI Satuan Lintas Laut Militer 1 kembali melaksanakan latihan peran-peran kapal dalam serial latihan Mingguan bulan Maret 2022. Kali ini empat unsur KRI berlatih simulasi prosedur pelaporan dan pengendalian kapal saat melihat kemunculan pesawat udara yang diduga musuh melalui Air Raid Reporting Controling Ship (ARRCS) di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (2/3/2022).

Pada skenario simulasi, KRI Banda Aceh-593, KRI Mentawai-959, KRI Teluk Manado-537 dan KRI Teluk Hading-538 dalam formasi konvoi lintas laut di Laut Jawa menuju daerah operasi. KRI kelas Frosch sebagai kapal yang memiliki kemampuan radar udara melihat kemunculan pesawat tidak dikenal yang diduga musuh mendekati konvoi. Saat itu juga KRI Teluk Manado-537 dan KRI Teluk Hading-538 segera melaporkan ke KRI Banda Aceh-593 yang bertindak Officer Conducting Serial.

Seketika terdengar alarm tanda bahaya yang diikuti instruksi isyarat “peran tempur“. Dari radio terdengar suara Komandan KRI Banda Aceh-593 memberikan perintah untuk membentuk formasi anti serangan udara. Seluruh unsur KRI segera meningkatkan kesiagaan serta mengaktifkan seluruh persenjataan dan sensor anti serangan udara. Seluruh prajurit bergegas menempati pos tempur masing-masing. Laporan sadapan melalui radio saling bersahutan melaporkan perkembangan kemungkinan terjadi serangan udara.

Komunikasi radio antar KRI yang berjalan dengan baik dan lancar menunjukkan bahwa mekanisme atau prosedur Air Raid Reporting Controling Ship dipahami dan dikuasi oleh para operator radio KRI. Mereka dengan tegas dan yakin melaporkan setiap perkembangan dari hasil komunikasi radio antar unsur KRI kepada Komandan KRI yang juga turut bersiaga di anjungan.

Komandan Satlinlamil 1 Kolonel Laut (P) Tarus Rostiyadi menuturkan latihan ini bertujuan agar prajurit pengawak KRI dapat mengetahui prosedur dan mekanisme pelaporan dan pengendalian kapal atau Air Raid Reporting Controling Ship serta melatih kesiapsiagaan prajurit dalam mengantisipasi kemungkinan terjadi serangan udara secara mendadak.

Komandan Satlinlamil 1 juga menegaskan sesuai perintah Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma agar setiap latihan dibuat skenario yang mendekati realita agar setiap prajurit bisa mendapatkan gambaran di medan sesungguhnya. Dan dengan latihan yang berjalan secara kontinu dan terjadwal akan menciptakan prajurit yang cepat tanggap dan profesional sesuai bidangnya masing-masing.

Hal tersebut sesuai dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono agar setiap Kotama selalu meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan sistem senjata armada terpadu yang memiliki daya gerak dan daya gempur yang tinggi. (MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s