Diskomlek Kolinlamil Latihkan Cara Pengoperasian Radio Barrett

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Dinas Komunikasi dan Elektronika Komando Lintas Laut Militer melaksanakan Latihan Fungsional Komunikasi TW I TA 2022 tentang pengoperasian Radio Barrett 2050 dan 4050 di Gedung Laut Sulu, Mako Kolinlamil, Senin (21/2/2022).

Pelatihan radio barret diikuti oleh prajurit dengan kejuruan komunikasi dan elektronika yang terdiri dari personel Diskomlek Kolinlamil, Staf Satlinlamil 1, dan prajurit KRI jajaran Satlinlamil 1. Latihan ini digelar juga melalui video conference untuk mengakomodasi keterlibatan personel dari Satlinlamil 2 dan prajurit pengawak komunikasi di KRI jajaran Satlinlamil 2. Sebagai instruktur adalah personel dari PT Wahgo sebagai mitra kerja dari Diskomlek Kolinlamil.

Pelatihan ini dilaksanakan melalui 2 tahap yaitu tahap teori atau classical dan praktek prosedur komunikasi taktis (Proskomtis) yang dilaksanakan langsung di kapal oleh juru komunikasi KRI dengan radio barret yang disetting di ruang kelas latihan.

Dalam latihan hari pertama ini disampaikan materi tentang propagasi dan antena. Para peserta tampak antusias mengikuti latihan, karena selain untuk refreshing juga disampaikan oleh Instruktur terkait perkembangan terbaru teknologi radio dan antena.

Kadiskomlek Kolinlamil Kolonel Laut (E) Gesit Pratiknyo dalam amanat yang disampaikan saat membuka latihan mengatakan teknologi merupakan bagian dari kehidupan manusia. Dengan teknologi kegiatan menjadi lebih mudah, namun teknologi juga dapat menyulitkan bila tidak mampu menguasainya. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu peningkatan kemampuan prajurit komunikasi KRI maupun pendirat yang dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengoperasikan peralatan komlek dan menguasai prosedur komunikasi.

Hal senada disampaikan oleh Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma agar prajurit jajaran Kolinlamil khususnya personel komlek untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi bidang komunikasi dan faktor interoperability komlek yang digelar harus dapat diwujudkan. Latihan tersebut juga merupakan penjabaran dari salah satu program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yaitu peningkatan kemampuan Komando, Kendali, Komunikasi, Komputer, Intelijen, Pengamatan, dan Pengintaian (K4IPP) dan siber TNI AL.

“Perkembangan teknologi komlek berkembang sangat pesat, setiap prajurit harus mampu mengikuti dan mengantisipasi hal tersebut. Sesuai penekanan Bapak Kasal, komunikasi harus establish. Kapanpun dan dimanapun berada komunikasi harus bisa terjalin dengan aman dan lancar,” Panglima Kolinlamil menekankan. (MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s