KSOP Kelas I Panjang Bersama Insan Maritim Panjang Melaksanakan Vaksinasi Booster Covid-19

Mimbarmaritim.com – Panjang

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor KSOP Kelas I Panjang melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap lanjutan (Booster) bertempat di Ruang Rapat Samudera Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang, Jumat (11/2/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 200 pegawai dengan antusias, baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), untuk menjalani vaksinasi Covid-19 tahap lanjutan (Boster).

Selain pegawai KSOP Kelas I Panjang, beberapa pegawai dari instansi maritim panjang juga turut mengikuti kegiatan vaksinasi covid-19 tahap lanjutan ini, antara lain General Manager PT. Pelindo Regional II Panjang, Adi Sugiri beserta jajaran, General Manager PT. Jasa Armada Indonesia, Dadan Ramdhan dan jajarannya, serta Kepala Pos Vessel Traffic Service (VTS) Panjang, Entris Sutrisna beserta jajaran.

Kepala KSOP Kelas I Panjang, Hendri Ginting dalam pembukaan acara menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi booster Covid-19 ini terselenggara berkat kerjasama antara Kantor KSOP Kelas I Panjang dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Panjang, dengan menerjunkan sejumlah tim medis, tenaga kesehatan dan tenaga Vaksinator. Menurutnya, tim yang dipimpin oleh dr. Johansyah ini bekerja sangat sigap dan cekatan. “Saya sangat mengapresiasi dan saya ucapkan banyak terima kasih atas kinerja tim medis dalam kegiatan hari ini” ujarnya.

Hendri menjelaskan bahwa kegiatan yang diselenggarakan hari ini sangat bermanfaat, mengingat Pelabuhan Panjang merupakan Pelabuhan Internasional, tentunya banyak Kapal pembawa logistik dari berbagai negara dengan awak kapal yang berasal dari berbagai negara yang singgah di pelabuhan ini. Dengan demikian, para pegawai dan pekerja di pelabuhan memiliki kerentanan terpapar Covid-19. Oleh karena itu, dengan dilakukannya vaksinasi booster Covid-19 ini akan meningkatkan kekebalan kelompok tehadap serangan virus Covid-19.

Hendri menambahkan bahwa untuk memastikan para pegawai aman dari paparan virus Covid-19, pada hari ini juga dilakukan tes swap rapid antigen bagi seluruh pegawai. “Kami lakukan tes rapid antigen kepada seluruh pegawai, baik PNS maupun PPNPN, termasuk penjaga kantin. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh pegawai KSOP Kelas I Panjang tebebas dari paparan Covid-19, dan jika ada yang terpapar maka akan segera diketahui dan dilakukan tindakan pemulihan kesehatan, baik melalui isolasi mandiri maupun mendapatkan rujukan,” imbuhnya.

“Semoga dengan dilakukannya kegiatan rapid antigen dan vaksin booster covid-19 ini, kegiatan logistik di Pelabuhan Panjang akan semakin baik lagi, terutama dengan peningkatan kesehatan pegawai yang semakin prima, diharapkan semakin menunjang tugas pokok dan fungsi pegawai dalam melakukan pelayanan di Pelabuhan Panjang,” pungkas Hendri.

Sementara itu, dr. Johansyah selaku Koordinator UKLW KKP Kelas II Panjang, menjelaskan, bahwa pada hari ini KKP Kelas ll Panjang melaksanakan vaksinasi ke-3 Boster di KSOP Kelas l Panjang. Dengan permintaan 200 orang yang akan dilakukan vaksinasi dan disini sistemnya yaitu pintu pertama ada swap antigen.

“Dimana hasil yang negatif akan lanjut pelaksanaan vaksinasi Bosternya tapi yang positif itu kita edukasi untuk isolasi mandiri dirumah sampai hasilnya negatif baru kita berikan Boster berikutnya, ujarnya di sela-sela kegiatan berlangsung,” katanya.

Untuk personil tim ada 19 orang terdiri dari medis , 3 orang dokter, 10 orang perawat dibantu dengan tenaga lainnya, pungkas dr. Johansyah.(Red-MM).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s