Kolinlamil Ikuti Rekonsiliasi Internal Unit Organisasi TNI AL Lewat Vicon

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Jajaran keuangan wilayah (Kuwil) Kolinlamil dipimpin Kepala Keuangan Wilayah (Kakuwil) Kolonel Laut (S) Wito Hadi Utomo mengikuti rekonsiliasi internal Satker Unit Organisasi (UO) TNI AL secara virtual melalui video conference dari Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (6/1//2022).

Rekonsiliasi internal tersebut juga diikuti Asisten Logistik Panglima Kolinlamil dan Kepala Akun Kolinlamil. Kegiatan ini dalam rangka penyusunan laporan keuangan Unit Organisasi TNI AL semester II tahun anggaran 2021 yang diikuti oleh segenap badan perencanaan, badan keuangan, badan logistik, dan seluruh Unit Organisasi TNI AL.

Rekonsiliasi internal Unit Organisasi TNI AL dipimpin Sekretaris Dinas Keuangan Angkatan Laut Kolonel Laut (S) Ida Bagus Rahyudodiputra yang mewakili Kepala Dinas Keuangan Angkatan Laut dari Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekdiskual, Kadiskual Laksma TNI Pudji Santoso menyampaikan bahwa pelaksanaan rekonsiliasi dibagi menjadi dua bagian yaitu rekonsiliasi internal dan rekonsiliasi eksternal.

Tuntutan dari rekonsiliasi yang akan dilaksanakan saat ini adalah internal terkait dengan realisasi dengan Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara yang bersumber dari Dipa tahun anggaran 2021. Dengan tujuan agar tercipta sinkronisasi data antara badan keuangan, badan perencanaan dan badan logistik terlaksana secara transparan dan akuntabel.

“Sinkronisasi data antara baren, balog dan baku di lingkungan TNI AL, untuk memperoleh kesesuaian data keuangan, sehingga akan mempermudah dalam proses penyusunan laporan keuangan yang akan kita susun setelah kegiatan ini,” jelasnya.

Kadiskual berharap dengan terlaksananya kegiatan ini akan tercipta laporan keuangan yang berkualitas, akurat dan dapat diandalkan.

Sekdiskual juga menyampaikan penekanan dari Kadiskual kepada para Kepala Keuangan Wilayah untuk mengawasi serta memonitor pelaksanaan penyusunan laporan keuangan Semester II tahun 2021 tingkat Satker jajarannya, serta mengkonsolidasikan data laporan keuangan Satker tersebut untuk dijadikan laporan keuangan wilayah Semester II tahun 2021.

Selalu berkoordinasi dengan jajaran di atas, terutama dengan Diskual selaku pembina teknis dalam hal terjadi perubahan data dan batas tanggal yang harus diupload ke E-rekon dan laporan keuangan,”katanya.

“Rekonsiliasi yang berlangsung saat ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meminimalisir permasalah permasalahan laporan keuangan di tingkat Unit Organisasi TNI AL,” ujar Sekdiskual menambahkan. (MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s