IPC TPK Lakukan Aksi Tanam Pohon, Dukung Gerakan BUMN Hijaukan Indonesia

Mimbarmaritim.com – Jakarta

IPC Terminal Petikemas kembali melakukan aksi peduli lingkungan melalui kegiatan penanaman pohon dan bibit mangrove di Bandar Lampung. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mendukung gerakan “BUMN Hijaukan Indonesia” yang digalakkan Kementerian BUMN untuk menyemarakkan “Hari Menanam Pohon Indonesia” yang diperingati secara nasional setiap tanggal 28 November.

Penanaman 1.000 mangrove dilakukan di Desa Sidodadi, Kecamatan ParangCermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Kegiatan IPC TPK bekerja sama dengan Universitas Lampung dan penanaman dilaksanakan dengan warga setempat.

Aksi penanaman pohon mangrove dihadiri Corporate Secretary & Hubungan EksternalIPC TPK Amanda Maulina, Ketua Serikat Pekerja Pelindo IPC TPK Wedhar Tani Aji, Kepala Desa Sidodadi Tunggal Saputro, Ketua Kelompok Pelestari Hutan Mangrove Desa Sidodadi Untung Gunawan dan perwakilan dari Universitas Lampung.

“Dengan penanaman pohon mangrove ini kami harapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat pesisir pantai. Selain itu, mangrove berperan sangat penting dalam memperlambat krisis iklim karena mampu menyerap emisi karbon,” kata Corporate Secretary & Hubungan Eksternal IPC TPK Amanda Maulina melalui keterangan tertulisnya diterima Mimbar Maritim, Jumat, (3/12/2021).

Amanda mengatakan pihaknya optimis untuk terus mengambil peran dalam memerangi perubahan iklim melalui program-program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dapat berdampak langsung pada alam. 

Selain itu, kata Amanda kegiatan penanaman pohon mangrove sangat memiliki banyak manfaat. Untuk menjaga pelestarian lingkungan khususnya di area pelabuhan. Dimana banyak aktifitas kendaraan dan peralatan berat.

Penanaman pohon mangrove sekaligus dilakukan penanaman 50 bibit pohon berbagai jenis pohon di sekitar wilayah kerja IPC Terminal Petikemas Area Panjang. Penanaman pohon ini akan menghasilkan udara pelabuhan yang lebih baik dan bersih. Pohon tersebut akan menyerap berbagai polusi udara dari aktifitas pelabuhan akan dapat mengurangi dampak dari pemanasan global. 

Kegiatan penanaman pohon oleh Corporate Secretary & Hubungan Eksternal IPC TPK Amanda Maulina didampingi Manager Area IPC TPK Panjang Budi Daryono dan para pegawai IPC Terminal Petikemas.

Amanda menyebutkan program manajemen IPC TPK sepanjang tahun 2021 telah melaksanakan berbagai aksi TJSL di berbagai daerah operasional perusahaan. Diantaranya penanaman terumbu karang di perairan Pulau Mahitam, Lampung, penanaman 800 pohon di 6 (enam) area kerja IPC TPK, penanaman 1000 mangrove dan pelepasan benih ikan di IPC TPK area kerja Jambi. 

Lebih lanjut, Amanda mengatakan IPC TPK terus berupaya untuk mengantisipasi perubahan iklim global dan kerusakan lingkungan yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan khususnya di area pelabuhan.

Ditambahkannya, bahwa kegiatan tersebut merupakan aksi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan serta implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) No 13: mengambil aksi segera untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya. Dengan target menguatkan daya tahan dan kapasitas adaptasi terhadap bahaya hal-hal yang berkaitan dengan iklim dan bencana alam. 

“Semoga kegiatan TJSL IPC TPK, dapat memberikan nilai tambah khusunya bagi berbagai pihak yang menjalankan aktivitas di lingkungan kerja IPC TPK,” pungkas Amanda.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s