Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok Gelar Konsinyering Menuju Organisasi Pengelolaan Keuangan BLU

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok menggelar kegiatan Konsinyering Pamantapan Distrik Navigasi Kelas Tanjung Priok Menuju Organisasi Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum ( BLU) bertempat di Hotel Holiday Inn Kemayoran – Jakarta Pusat, Kamis (2/12/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19, yang di gelar  secara offline  dan during dengan mengusung tema ” Satker Badan Layanan Umum Mempercepat Gerakan Harmoni Indonesia.” 

Plt. Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha saat membuka acara dalam sambutannya menyampaikan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui UPT  Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok  akan menuju Badan Layanan Umum (BLU). Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat maritim baik itu berupa barang dan layanan jasa yang dijual tanpa mengutamakan cari untung dan memegang prinsip efisiensi serta produktivitas.

Arif Toha menyampaikan apresiasi dan mendukung atas terbentuknya BLU di Kantor Disnav Kelas I Tanjung Priok. Tujuannya dibentuk BLU ini adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat maritim khususnya dalam rangka menambah pemasukan negara dan mengurangi beban negara. 

“Selama wabah Covid-19 ini, kita didorong untuk meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), baik dari konsensi dan membantu meringankan beban negara maupun APBN. Tentunya harus mampu mengelola SDM Badan Layanan Umum secara mandiri,”ujar Arif.

Menurut dia, BLU ini merupakan sarana kesempatan bagi para pegawai di Distrik Navigasi, untuk mengelola aset yang lebih baik dan mengembangkan potensi – potensi lebih besar lagi agar tercipta suatu impian yang dapat diharapkan bersama kedepannya.

“Kita  juga mengharapkan, dengan dibentuknya BLU ini, akan menjadi sebuah organisasi yang profesional, moderen, akuntabel dan bersih melayani dengan menjunjung tinggi nilai – nilai integritas khususnya dalam peningkatan pelayanan publik. Semoga dengan terbentuknya BLU Disnav Kelas I Tanjung Priok dapat di ikuti Kantor Distrik Navigasi lainnya seluruh Indonesia,” tutup Ari Toha.

Direktur Kenavigasian Hengki Angkasawan pada kesempatan itu juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh para UPT Disnav yang hadir secara during dan offline,  menghadiri kegiatan Konsinyering Pamantapan Distrik Navigasi Kelas Tanjung Priok Menuju Organisasi Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum ( BLU).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Raymond Kepala Kantor Disnav Kelas I Tanjung Priok, telah berupaya membentuk Tim Efektif dalam menyusun struktur organisasi PK- BLU. Dalam rangka menggali dan mengidentifikasi potensi peningkatan peran Kantor Disnav Kelas I Tanjung Priok Di Direktorat Kenavigasian, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI,”katanya.

Ditambahkannya, terbentuknya BLU ini dengan satu tujuan bagaimana untuk dapat memformulasikan dan mewujudkan target kedepan serta menggali potensi – potensi yang sangat besar dalam melaksanakan pelayanan ini, tentunya  dengan flexisibilitas anggaran itu merupakan salah satu kuncinya.

Hengki menyebutkan saat ini ruang piskal terbatas sejak APBN semakin lama menipis, saat ini Direktorat Kenavigasian dari alokasi kebutuhan hanya dapat 50%, pada tahun 2017, 2018 anggaran Navigasi Rp.1,5 triliun, sementara saat ini tahun 2022 anggaran Navigasi Rp.422 miliar.

Menurut dia, sarana Navigasi dan komunikasi pelayaran tidak ada satu unit pun yang berkurang,  tentu hal ini merupakan satu beban yang cukup berat. Dengan tuntutan yang ada di Navigasi ini bagaimana untuk mengatur tingkat kehandalan pelayanan mencapai apa yang sudah dipersyaratkan tentu tidak keberatan. 

Tentu satu – satunya adalah bagaimana mengoptimalkan aset – aset  yang ada Navigasi dapat membantu pelayanan – pelayanan bekerja keras mengelola seluruh usaha pelayanan Navigasi dapat optimal.

“Saya berpikir dari sisi substansi dan teknis serta administrasi tidak ada masalah, klau kita bisa memberikan justifikasi bahwa tingkat pembinaan  dan pengawasan hanya dari sisi operasional. Karena kita hanya mengawasi  standar – standar sarana bantu navigasi dan yang lain terkait dengan keselamatan pelayaran,”pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok Raymond Sianturi dalam laporannya menyampaikan Distrik Navigasi Kelas I Tanjung akan melakukan berbagai upaya mewujudkan organisasi yang menerapkan pola keuangan BLU. Dalam rangka mendukung peningkatan pelayanan kepada masyarakat, stakeholder (instansi terkait) hal ini yang menjadi landasan Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok melaksanakan acara Konsinyering.

Raymond mengatakan pihaknya telah menetapkan sebuah keputusan Kepala Kantor Disnav  Kelas I Tanjung Priok Nomor : KP.004/4/14/DNG.TPK/2921 tentang Tim Internal Efektif Pengelolaan Keuangan BLU pada Kantor Disnav Kelas I Tanjung Priok pada tanggal 29 November 2021.

Ia mengungkapkan dalam mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani ( WBBM) Disnav Kelas I Tanjung Priok, secara konsisten dan terus berupaya untuk meningkatkan keefektifan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015 dan berkomitmen untuk menerapkan  Sistem Manajemen Anti Penyuapan ( Anti Bribery) ISO 37001 : 2016.

“Saat ini, jasa Kenavigasian melalui layanan VTS Disnav Kelas I Tanjung Priok, total pendapatan PNBP (Penerimaan Negara  Bukan Pajak sebesar Rp. 6.808.130.247  tahun 2021,” sebut Raymond.

Raymond menjelaskan Disnav Kelas I Tanjung Priok telah menyusun struktur organisasi PK- BLU, dalam rangka menggali dan mengidentifikasi potensi peningkatan peran Disnav Kelas I Tanjung Priok. Untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada dan pengembangan pelayanan terhadap masyarakat Maritim secara luas.

Selain itu, kata Raymond, bahwa pihaknya telah menyusun metode dan sistem penyelenggaraan pelayanan Kenavigasian yang tepat guna peningkatan kinerja serta memberi manfaat (nilai tambah)  bagi masyarakat Maritim. Dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja dan akuntabilitas pelaksana tugas dan fungsi Kenavigasian, keselamatan pelayaran dan perlindungan Maritim serta mendukung peran Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

“Disnav Kelas I Tanjung Priok saat ini siap bertransformasi menjadi unit organisasi yang melakukan konversi atas perubahan dan perbedaan di hadapi menjadi modalitas yang berharga. Untuk menjelma menjadi sebuah organisasi yang profesional, moderen, akuntabel dan bersih melayani dengan menjunjung tinggi nilai – nilai integritas,”pungkas Raymond.

Hadir pada acara Konsinyering Pamantapan Distrik Navigasi Kelas Tanjung Priok Menuju Organisasi Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum ( BLU secara during dan offline diantaranya Plt Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha, Direktur Kenavigasian Hengki Angkasawan, PKP Ahli Madya Direktorat Kenavigasian Zahara Saputra, Direktur PK BLU Kementerian Keuangan Ari Wahyuni S.H, M.P.H, Kepala Biro Keuangan Kementerian Perhubungan Amirullooh S.Si.T.,M.MTr, Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi Kementerian Perhubungan Hernadi Tri Cahyanto.

Kepala Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok Raymond Sianturi, Kepala Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok Andi Hartono, Kepala Kantor Disnav Kelas I Dumai Capt Heru Susanto dan para Kepala Distrik Navigasi Kelas I, II dan III  hadir secara fisik dan virtual, Kepala Kantor Pangkalan PLP Tanjung Priok Capt Wahyu Prihanto, Kepala Kantor Syahbandar dan  Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sunda Kelapa Chairul Awaluddin, Kepala KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu Johan Cristopher, Kepala KSOP Kelas IV Marunda Capt Isa Amsyari, pejabat struktural di lingkungan Disnav Kelas I Tanjung Priok dan para pegawai Tim Efektif  BLU dilingkungan Disnav Kelas I Tanjung Priok.(Red-MM).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s