Kantor Otoritas Utama Tanjung Priok Bersama Pelindo Regional 2 Cabang Tanjung Priok Sosialisasi Penerapan STID

DGM Operasi Pelindo Regional 2 Cabang Tanjung Priok Capt Teddy Gunawan (kiri) , GM Pelindo Regional 2 Cabang Tanjung Priok Silo Santoso (tengah) Dan Kepala Kantor Otoritas Utama Pelabuhan Tanjung Priok Capt Wisnu Handoko (kanan) Selasa (30/11/2021).

Mimbarmaritim.com – Tanjung Priok

Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok  beserta PT Pelindo (Persero) Regional 2 Cabang Tanjung Priok menggelar acara Sosialisasi Penerapan Single Truck Indentification Data (STID) bertempat di Museum Maritim Indonesia, Pelabuhan Tanjung Priok, hari ini  Selasa (30/11/2021).

Acara sosialisasi STID dibuka langsung oleh Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Prio, Dr Capt Wisnu Handoko M.Sc dan dihadiri manajemen PT Pelindo Regional 2 Cabang Tanjung Priok, Direktur Terminal Kontainer, Kepala Kantor Instansi Pemerintah, dan para Ketua Asosiasi di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok. Acara dilaksanakan secara off line dan online, diikuti seluruh perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang trucking.

 Capt Wisnu Handoko MSc dalam sambutannya menjelaskan tujuan dan mengapa perlu diterapkannya STID di pelabuhan adalah untuk penyeragaman sistem, sehingga armada truk apapun yang masuk ke pelabuhan Tanjung Priok harus sudah clear dengan menggunakan 1 (satu) Single TID.

“Kami melihat’ kondisi pelabuhan Tanjung Priok penerapan STID ini  sudah sangat perlu diterapkan untuk menertibkan perusahaan dan armada truk yang beroperasi di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok,”ujar Capt Wisnu. 

Lebih lanjut Capt Wisnu mengungkapkan bahwa semua perusahaan yang mengoperasikan truk di Pelabuhan Tanjung Priok akan melakukan pendaftaran STID dan  wajib memiliki PMKU (Pemberitahuan Melakukan Kegiatan Usaha) terlebih dahulu. Baik truk untuk kegiatan stevedoring, cargodoring, receiving, dan delivery harus mempunyai Surat Izin Usaha (SIU).

“Saat ini, kami tetlah menerapkan beberapa sistem pelayanan yang telah berjalan di pelabuhan Tanjung Priok yakni Inaportnet, Sistem Single Truck Identification Data (STID), Sistem Monitoring Tenaga Kerja Bongkar Muat (SIMON TKBM), dan sistem digitalisasi yang ada pada masing-masing instansi terkait di pelabuhan Tanjung Priok,” ujarnya.

Capt Wisnu pada kesempatan itu menegaskan pihaknya bersama center STID Pelindo Regional 2 Cabang Tanjung Priok akan memberikan batas masa transisi dan rencana aksi di 30 hari terakhir penerapan STID. 

Menurut dia, bahwa 31 Desember 2021 adalah batas akhir masa transisi dalam penerapan STID. Semua Terminal Kontainer, Cargo Multipupose, Terminal Kendaraan wajib menerapkan STID di gate untuk semua truk yang keluar masuk di area masing-masing. 

“Bagi truking yang belum memiliki STID akan diberikan konsekuensi mulai dari peringatan, memasukkan truk ke dalam daftar blacklist, sampai dengan melarang truk tersebut masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok,”ungkap Capt Wisnu.

Capt Wisnu menambahkan dalam 30 hari kedepan Kantor Otoritas  Utama Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelindo Regional 2 Cabang Tanjung Priok akan terus memotivasi dan mempercepat proses PMKU dan pendaftaran STID. 

” Kami dan STID Center Pelindo Regional 2 Cabang Tanjung Priok akan memanggil perusahaan secara terjadwal. Kami juga akan menerbitkan pengumuman atau surat pemberitahuan melalui Asosiasinya, langsung ke perusahaan ataupun melalui media online,”pungkas Capt Wisnu.

Sementara itu, General Manager PT Pelindo Regional 2 Cabang Tanjung Priok Silo Santoso mengatakan penerapan STID di lingkungan kerja Pelabuhan Tanjung Priok, sangat membutuhkan support dari seluruh perusahaan truking dan asosiasi untuk para pengusaha truk untuk segera mimiliki fasilitas STID.

“Kami berharap, kedepan dengan penerapan STID di pelabuhan Tanjung Priok akan memberikan nuansa baru operasional pelabuhan Tanjung Priok dan tidak akan terjadi macet lagi di dalam pelabuhan Tanjung Priok,” tukasnya.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s