KSOP Kelas II Jayapura Sinergi Dengan Pemkota Jayapura Dan Forkompinda Penanganan Covid-19 Pasca PON XX Papua

Mimbarmaritim.com – Jayapura

Penyelenggaraan PON XX Papua telah selesai dan berlangsung dengan sangat meriah, namun beberapa official, atlit dan panpel yang terlibat langsung mengalami penyebaran virus Covid -19. Hal ini membuat Pemerintah Kota Jayapura dan KSOP Kelas II Jayapura bersama unsur terkait Forkompinda Kota Jayapura langsung melaksanakan Rapat Kordinasi. Diantaranya Pimpinan DPRD Kota Jayapura, Polresta Jayapura, Kodim Jayapura, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura dan SKPD/OPD teknis Kota Jayapura

Rapat yang dipimpin langsung oleh Walikota Jayapura bersama Wakil Walikota dan Wakil Ketua DPRD Kota Jayapura menyampaikan keberadaan KM. TIDAR sangat dibutuhkan saat pasca penyelenggaran PON XX mengingat peningkatan jumlah pasien Covid -19 mencapai 41 orang. Dalam rapat tersebut disampaikan penerapan protokol kesehatan ketat bagi penumpang saat masul keluar melalui Pelabuhan Jayapura maupun saat embarkasi dan debarkasi.

Hal ini langsung di respon cepat oleh Kepala KSOP Kelas II Jayapura, Capt. Roni Fahmi dengan konsolidasi dengan Stakeholders Pelabuhan Jayapura untuk penerapan yang ketat dalam pelayananan penumpang dan barang dengan melakukan pemetaan alur masuk kendaaraan dan naik turun penumpang.

Saat rapat Capt. Roni Fahmi menyampaikan untuk penerapan protokol kesehatan Covid -19 harus dilakukan dengan ketat bahkan sampai dengan pengaturan pengunjung dan penjemput penumpang.

Dengan penggunaan kendaaran pribadi yang telah di atur dengan penempatan area atau zona sesuai penerapan regulasi internasional mengenai Keamanan Pelayaran bagi Kapal dan Pelabuhan atau di kenal dengan ISPS – Code ( International Ship’s and Port Facility Securities Code).

“Alhamdulilah pada hari Selasa tanggal 19 Oktober 2021 tidak ada penambahan pasien Covid-19 diatas kapal KM. Tidar dan jumlah pasien sampai dengan tanggal 10 Oktober 2021 tinggal 9 orang sj terang Kepala KSOP Jayapura,” demikian disampaikan Capt. Roni Fahmi melalui keterangan tertulisnya diterima Mimbar Maritim Rabu (20/10/2021).

Capt. Roni Fahmi menjelaskan setelah melaksanakan rapat dengan Pemkota Jayapura, pihaknya langsung memimpin rapat juga dengan jajaran stakeholders Pelabuhan, untuk peninjauan area zonasi pelabuhan bersama stakheholders pelabuhan Jayapura. Guna memastikan kembali alur dan penandaan serta peralatan fasilitas Pelabuhan Jayapura.

Saat meninjau pelabuhan Capt Roni Fahmi didampingi Willem Thobias Fofid Kasi Lalu Lintas Pelabuhan, Kasi KBPP Ferdinand, Kapolsek KP3 Iptu Richard Rumboy, Manager Operasi PT. Pelindo (Persero) Jayapura, Kabag Operasi PT. Pelni Jayapura Robby, perwakilan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura dan Tim Teknis dari masing-masing stakeholders Pelabuhan Jayapura.

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Laut KSOP Kelas II Jayapura Willem Thobias Fofid menambahkan dalam pelayanan pengaturan penumpang turun dan naik saat embarkasi dan debarkasi dibutuhkan kerjasama dan keseriusan serta komunikasi yang intens.

” Karena peningkatan volume penumpang dan barang mengalami peningkatan setelah penyelenggaraan ivent PON XX dan status Kota Jayapura saat ini berada pada level 2,” katanya.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s