Panglima Kolinlamil Menerima Kunjungan Tim BPIP

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menerima kunjungan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang berlangsung di ruang rapat Panglima, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (14/10/2021).

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma yang didampingi Kepala Staf Kolinlamil dan para Asisten menerima langsung rombongan BPIP yang dipimpin Deputi Bidang Hukum, Advokasi dan regulasi Kemas Akhmad Tajudin.

Kedatangan tim BPIP ke Kolinlamil dalam rangka audiensi untuk program Institusionalisasi dan Internalisasi Pancasila melalui penguatan cinta bahari ke masyarakat.

Institusionalisasi dan Internalisasi Pancasila bertujuan untuk mengaktualisasikan serta memurnikan implementasi nilai-nilai ideologi Pancasila di lingkungan TNI AL sebagai basis kekuatan ideologi negara, sekaligus untuk membangkitkan kembali peran tiap-tiap personel TNI Angkatan Laut sebagai agen penguatan Pancasila di satuan kerjanya dan juga lingkungan sekitarnya.

Dengan agenda utama untuk mempertahankan Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi negara serta pandangan hidup bangsa Indonesia sebagai alat pemersatu yang harus tetap dipertahankan sampai kapanpun demi tetap tegak dan berdirinya NKRI di tengah dinamika global.

Panglima Kolinlamil mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan mendukung rencana program BPIP untuk bekerjasama dengan TNI AL (Kolinlamil) untuk menyegarkan kembali pemahaman dan doktrin Pancasila sebagai ideologi Negara kepada masyarakat melalui kegiatan pelayaran cinta bahari.

Apalagi ditengah kehidupan berbangsa dan bernegara akhir-akhir ini cenderung mengalami stagnasi bahkan penurunan pemahaman sikap dan tingkah laku yang tidak lagi mencerminkan pribadi bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

“Program institusionalisasi dan internalisasi Pancasila merupakan program yang perlu mendapat perhatian dan dilaksanakan kepada kepada masyarakat. Hal ini untuk lebih memberikan pemahaman dan pendalaman terhadap nilai-nilai pancasila. Dan program melalui cinta bahari ini BPIP bekerjasama dengan TNI AL tentu akan memberikan daya tarik bagi masyarakat,” ujar Panglima Kolinlamil.

Dalam kesempatan tersebut, pembahasan tentang tindak lanjut dalam rangka merealisasikan kerjasama antara BPIP dengan TNI AL yang kegiatannya akan ditentukan kemudian dengan Kolinlamil sebagai salah satu kotama TNI AL yang turut berpartisipasi mendukung gagasan tersebut.(MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s