Kantor Cabang PT Pelni Tanjung Priok Tingkatkan Pelayanan Melalui Layanan Antigen Dan PCR Bagi Calon Penumpang

Mimbarmaritim.com – Tanjung Priok

PT Pelayaran Indonesia (Persero) atau PT Pelni masa pandemi Covid-19 terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada penumpang. Perusahaan pelayaran penumpang plat merah ini per tanggal 1 September 2021 yang lalu telah melakukan penjualan tiket terintegrasi dengan aplikasi digital PeduliLindungi (PP).

Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 59 Tahun 2021 dan SE Satgas Penanganan Covid -19 Nomor 17 Tahun 2021. Dalam aturan ini setiap calon penumpang wajib menyertakan Sertifikat vaksin minimal dosis pertama dan surat keterangan hasil negatif PCR test dengan masa pengambilan sampel dalam kurun waktu 2 x 24 jam atau negatif rapid test Antigen. Untuk pengambilan sampelnya dilakukan dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.

Kepala Kantor Cabang PT PelniTanjung Priok Indria Priatna mengatakan pihaknya sejak hari Kamis 9 September 2021 telah menyediakan pelayanan Antigen dan PCR bagi para calon penumpang dilaksanakan di Kantor Cabang PT. Pelni Pelabuhan Tanjung Priok. Layanan ini kerjasama dengan Laboratorium Klinik dan Kesehatan Kerja Cakra Medika serta mendapat dukungan dari stakeholder yang ada Pelabuhan Tanjung Priok maupun dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Tanjung Priok.

“Layanan ini dilakukan dengan tujuan untuk mendukung program pemerintah Aplikasi PeduliLindungi dalam penanggulangan dan mengurangi penyebaran Covid -19,” demikian disampaikan Indria Priatna kepada Mimbar Maritim diruang kerjanya, Jumat (10/9/2021).

Indria menjelaskan kehadiran layanan Antigen dan PCR dengan tetap menerapkan aturan protokol kesehatan yang terintegrasi dengan Peduli Lindungi, barcode dan terafiliasi dengan NAR Kemenkes. Calon penumpang kapal Pelni yang belum mendapatkan layanan tersebut, sudah dapat memperoleh di Kantor Cabang PT.Pelni JL. Palmas No.2 Pelabuhan Tanjung Priok.

“Aplikasi PeduliLindungi adalah merupakan aplikasi milik Kemenkes untuk membantu pemerintah dalam melakukan tracing dan tracking untuk menghentikan penyebaran covid-19. Nanti aplikasi ini data lokasi bepergian masyarakat akan tersimpan secara digital dan sebagai basis data penerima vaksin,” ujar Indria.

Indria mengungkapkan PT Pelni senantiasa akan terus berkomitmen meningkatkan dan melakukan pelayanan yang prima kepada penumpang. Di masa pamdemi Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan aturan daerah di pelabuhan tujuan penumpang.

“Kami menyediakan layanan Antigen dan PCR bagi penumpang kapal Pelni sejak hari Kamis, tanggal 9 September 2021dan layanan ini merupakan uji coba. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan Antigen dan PCR dapat melakukannya di Kantor Cabang PT Pelni Tanjung Priok ,”ungkapnya.

Dikatakannya, pelayanan Antigen dan PCR tersebut telah mendapat dukungan dari stakeholder pelabuhan Tanjung Priok dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Tanjung Priok.

“Kami sudah melakukan sosialisasi dan memberikan informasi melalui pembuatan spanduk dan banner agar para pengguna jasa kepelabuhanan dan masyarakat yang ingin memperoleh pelayanan mengetahui kehadiran layanan ini,” tambahnya.

Lebih lanjut, Indria menjelaskan kehadiran layanan ini untuk masyarakat khususnya pengguna jasa Pelni yang belum memiliki sertifikat hasil Antigen maupun PCR dapat melakukannya di Kantor Cabang PT Pelni Tanjung Priok. Sebagai syarat Ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemi Covid-19

“Layanan ini juga sekaligus menjadi pesan mengantisipasi bagi masyarakat agar tidak menggunakan sertifikat Antigen dan PCR palsu.Kantor Cabang PT Pelni Tanjung Priok telah menyiapkan layanan tersebut, silahkan masyarakat menggunakannya,”sebutnya.

Indria menambahkan layanan ini telah terintegrasi dengan Aplikasi PeduliLindungi, barcode dan teraffiliasi dengan NAR Kemenkes. Untuk Antigen dikenakan biaya sebesar Rp.99.000,- dan PCR sebesar Rp. 495.000,-.

“Layanan ini kami buka fokus untuk melayani penumpang Pelni tetapi juga terbuka untuk masyarakat umum. Bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan, kami tetap menerapkan prokes yang ketat agar masyarakat terhindar dari penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (Ody).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s