KUPP Kelas I Tanjung Uban Sosialisasi Rencana Penerapan Layanan Digital Inaportnet

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas I Tanjung Uban Iwan Sumantri

Mimbarmaritim.com – Tanjung Pinang

Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut menyelenggarakan sosialisasi pelayanan digital inaportnet Kantor Unit Pelaksana Pelabuhan Kelas I Tanjung Uban yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 8 sampai 10 September 2021 di Hotel Aston – Tanjung Pinang

Acara sosialisasi ini dihadiri sebanyak 47 orang peserta diantaranya dari Tim dari Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut, perwakilan perusahaan pelayaran, BUP Pelindo, Pertamina, perwakilan dari Tersus dan para stakeholder lainnya.

Kepala Kantor Unit Pelaksana Pelabuhan Kelas I Tanjung Uban Iwan Sumantri  mengatakan pelaksanaan acara tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan layanan digital melaui penerapan inaportnet dan sekaligus memberikan pelatihan serta uji coba penerapan inaportnet di pelabuhan Tanjung Uban

“Dengan adanya sosialisasi inaportnet ini diharapkan para peserta ke depan dapat memanfaatkan dan menggunakan aplikasi ini dengan baik,” ujar Iwan.

Iwan mengungkapkan inaportnet merupakan pelayanan digital kepelabuhanan yang berbasis internet mampu memberikan manfaat pelayanan yang cepat tanpa tatap muka  dalam pengurusan dokumen kepelabuhan.

“Sebelumnya KUPP Kelas I Tanjung Uban telah melakukan persiapan – persiapan dalam penerapan inaportnet. Dengan melakukan pelatihan kepada operator inaportnet baik itu dari pihak UPP Tanjung Uban maupun stakeholder selaku pengguna,” kata Iwan.

Iwan menambahkan rencananya layanan inaportnet ini akan segera diberlakukan di pelabuhan Tanjung Uban dalam waktu dekat.

Pada kesempatan itu Direktur Lalu Lintas Dan Angkutan Laut dalam sambutannya dibacakan Iwan Sumantri menyampaikan bahwa tujuan dari pada  penerapan inaportnet ini sangat menguntungkan dan efisensi waktu para pengguna jasa kepelabuhanan.

Dijelaskannya, ada beberapa manfaat terkait penerapan inaportnet tersebut diantaranya mengurangi tatap muka, meningkatkan arus barang dpelabuhan, menunjukkan transparansi waktu dan tarif pelayanan.

Selain itu, katanya menambahkan bahwa manfaat dan keuntungan  penerapan inaportnet yakni menurunkan biaya logistik, dokumen tracking mudah dan transparan, meningkatkan kualitas dokumen dan paperless administrasion, pelayanan yang lebih cepat serta pengelolaan data akurat, informasi pelayaran  dan manifest yang lebih valid.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s