Serbuan Vaksin Maritim TNI-AL Kolinlamil Ship To Ship ABK Kapal Niaga

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Satya Wira Jala Dharma. Serbuan vaksinasi Covid – 19 terhadap Nakhoda dan ABK (Anak Buah Kapal) kapal niaga di Pelabuhan menjadi prioritas TNI AL.
Seperti yang dilaksanakan Tim Satgas Covid 19 Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dengan menyusuri pelabuhan Tanjung Priok untuk mencari para Anak Buah Kapal (ABK) kapal-kapal niaga yang belum terjangkau vaksin.

Pelabuhan merupakan daerah dengan interaksi dan mobilitas barang dan orang yang tinggi yang berasal dari berbagai wilayah di Seluruh Indonesia. Untuk itu serbuan vaksin untuk mereka pekerja pelabuhan dan ABK Kapal.

Jumat (27/8/2021) Satgas Covid 19 Kolinlamil menyambangi Kapal Pelni Doro Londa yang sandar. Proses vaksinasi terhadap nakhoda dan ABK yang dilakukan oleh vaksinator Dinas Kesehatan Kolinlamil ini tetap wajib mengikuti proses screening terlebih dahulu, hal ini dilakukan guna mengetahui gejala apa saja yang dialami, sebelum dilakukan penyuntikan.

Panglima Kolinlamil Laksma TNI Erwin S Aldedharma mengatakan, para pekerja disektor transportasi laut termasuk kedalam sasaran prioritas vaksinasi, karena memiliki tingkat interaksi sangat tinggi dengan masyarakat dan mobilitas keluar pelabuhan juga sangat tinggi sehingga wajib diberikan vaksin Covid – 19.

“Kolinlamil sebagai kotama TNI AL yang berada dikomunitas pelabuhan fokus untuk melakukan serbuan vaksin terhadap nakhoda dan ABK yang belum menjalani vaksinasi, semoga kiranya nakhoda dan ABK yang belum di vaksin segera dapat divaksinasi demikian juga para kelompok pekerja yang ada dipelabuhan,” ujar Panglima Kolinlamil.

Ditambahkan pula pentingnya vaksinasi dalam mendukung kegiatan pelayanan di pelabuhan dan transportasi laut, untuk memberikan perlindungan dari resiko penyebaran Covid – 19 di wilayah pelabuhan.

Sementara itu koordinator tim pelaksana vaksinasi Lettu Laut (K) Yudith menyampaikan, banyak ABK yang belum menerima vaksinasi Covid – 19 dikarenakan mobilitas kapal yang tinggi sehingga waktu yang tidak cukup luang bagi para ABK untuk mengikuti vaksinasi.

“Selain itu masyarakat yang berada disekitar pelabuhan Tanjung Priok, juga turut mendapatkan vaksinasi Covid-19,” ungkap dr Yudith. Sebelum melaksanakan vaksin, para peserta terlebih dahulu melakukan verifikasi data, melakukan pemeriksaan suhu tubuh, dan tensi darah. (MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s